Jika sebelumnya sistem kerja Remote hanya berlaku bagi pekerja freelance, kini perusahaan sudah mulai mengadopsi dan memberlakukan sistem tersebut pada karyawannya. Pemerintah juga telah menghimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah atau lebih sering dikenal dengan istilah Work From Home. Himbauan tersebut juga semakin diperkuat dengan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah preventif untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Menurut Gallup Research, bekerja dari rumah dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Fleksibilitas dan lingkungan kerja yang nyaman menjadi faktor utama pendorong produktivitas karyawan. Akan tetapi, bekerja dari rumah bukan berarti tanpa kendala, keterbatasan dalam mengakses data ataupun komunikasi yang terhambat menjadi permasalahan yang umumnya dihadapi. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan transformasi ke arah digital agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan fleksibel. Kuncinya terletak pada pemilihan platform yang tepat agar dapat menghasilkan kinerja yang efisien dan produktif.

Teknologi informasi berbasis Cloud Office Collaboration memang sedang naik daun belakangan ini. Cloud Office Collaboration bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan transisi secara instan dan tepat guna. Penggunaan cloud infrastruktur akan sangat menguntungkan bagi perusahaan khususnya dari segi biaya. Selain itu, penggunaan cloud juga memberikan akses bagi perusahaan untuk mengeksplor berbagai platform kolaborasi yang dapat digunakan untuk menunjang produktivitas selama work from home dari berbagai aspek, misalnya:


  1. Video Conference


    meeting-biznet-gio

    Source: jitsi.org


    Tetap produktif bekerja meskipun tidak tatap muka secara langsung!
    Biasanya komunikasi merupakan masalah utama yang sering dihadapi ketika melakukan remote work. Video Conference memungkinkan kamu untuk berkomunikasi layaknya sedang bertatap muka secara langsung. Dengan begini, efektivitas juga akan meningkat dan dalam waktu yang bersamaan juga meminimalisir risiko miss communication. Salah satu platform Video Conference yang dapat Anda manfaatkan adalah Jitsi.org. Platform open-source yang satu ini dapat diimplementasikan pada dedicated VM/Host dan memungkinkan penggunanya untuk meng-custom logo perusahaan pada platform sehingga lebih eksklusif dan private.



  2. Online File Collaboration


    file-collaboration-biznet-gio

    Source: nextcloud.com


    Semua tim dipastikan dapat memiliki akses yang sama terhadap sumber informasi kapanpun dan dimanapun. Platform online file sharing seperti nextcloud.com, tidak hanya memberikan layanan real-time collaboration yang aman antar tim, data yang di unggah juga secara otomatis akan tersimpan pada NEO S3 Storage. Data tersebut akan tereplikasi secara otomatis untuk memberikan kemudahan akses bagi penggunanya.



  3. Project and Task Management Tools


    project-management-biznet-gio

    Source: taiga.io


    Jika sebelumnya untuk mengecek performa dari sebuah tim harus dilakukan dengan bekerja langsung ditempat yang sama dengan tim tersebut, kini semuanya dapat dilakukan dengan lebih efisien. Taiga.io dan Active Collab merupakan platform yang menyediakan layanan monitor task dan juga timeline kerja sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur performa tim. Anda juga dapat berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya secara real-time dan membuat perencanaan yang dapat diakses oleh seluruh anggota tim secara langsung.



  4. E-mail Marketing


    email-marketing-biznet-gio

    Source: mailtrain.org


    Newsletter bisa menjadi channel yang efektif untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang sudah ada bahkan memunculkan potensi pelanggan yang baru. Mulai dari penyimpanan data dalam jumlah yang besar hingga pengelolaannya dapat dilakukan dengan efektif menggunakan platform seperti greenarrowemail.com, mailtrain.org dan OSEM yang juga dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan event secara online.



  5. Learning Management System


    learning-biznet-gio

    Source: docs.moodle.com


    Keunggulan real-time collaboration dengan cloud infrastruktur juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jadwal dan juga kelas virtual secara online. Salah satu platform yang umumnya digunakan adalah Moodle. Platform ini biasanya digunakan oleh personalia untuk membuat, menjadwalkan dan juga monitoring aktvitas training karyawan secara online.


Selain beberapa platform diatas, masih banyak lagi platform kolaborasi lainnya yang bisa diakses dan diimplementasi secara gratis jika berlangganan cloud infrastruktur Biznet Gio. Mengapa harus Biznet Gio?

  1. Infrastruktur yang disediakan bersifat privat (performa lebih cepat, karena setiap pelanggan menggunakan dedicated virtual machine ataupun private host).

  2. Aman (data tersimpan aman di dalam negeri dengan Data Center di Indonesia dan memenuhi standar sertifikasi manajemen keamanan ISO 27001 dan PCI-DSS).

  3. Andal (dengan jaminan SLA UPTIME 99,9%, memastikan infrastruktur selalu tersedia).

  4. Support 24/7 yang selalu siap sedia membantu.

  5. platform kolaborasi yang dapat menunjang produktivitas Work From Home.

  6. Pelanggan hanya fokus pada konten dan pemakaian (mulai dari implementasi hingga pemeliharaan, semuanya telah disediakan oleh Biznet Gio).

  7. Jika ada kebutuhan lebih untuk dapat digabungkan dengan layanan lainnya seperti Professional Service ataupun Managed Services.

  8. Mudah didapatkan (tinggal menghubungi representative Biznet Gio sales@biznetgio.com dan juga support@biznetgio.com).

Meskipun sedang work from home, bukan menjadi alasan untuk tidak produktif. Dengan adanya platform kolaborasi berbasis cloud, produktivitas dapat meningkat meskipun #dirumahaja. Rancang cloud infrastructure Anda sekarang juga bersama Biznet Gio!