news image
news 17 Maret 2023

5 Plugin Form Terbaik untuk WordPress

Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk mempermudah komunikasi antara pemilik dan pengunjung website dan salah satu diantaranya adalah menggunakan form. Form sendiri merupakan formulir berfungsi untuk mendapatkan detail informasi dari pengunjung website. Melalui artikel ini kita akan menggali lebih jauh apa saja fungsi dari form dan beberapa rekomendasi plugin form untuk WordPress. Ayo baca artikel ini hingga selesai.

 

Fungsi form pada website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya form berfungsi untuk mengizinkan pengunjung website untuk mengirimkan detail informasi seperti kontak, komentar, maupun feedback ke pemilik website.

 

Fungsi utama dari form pada website adalah untuk mengumpulkan informasi dari pengunjung yang bisa berisi kontak, email, atau lainnya. Informasi ini dapat digunakan oleh pemilik website untuk tujuan lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi dari form pada website.

 

  1. Berlangganan email newsletter

    Pada website, form biasanya digunakan oleh pemilik website untuk mendaftarkan pengunjung agar berlangganan newsletter dari website. Newsletter biasanya berisi informasi terbaru dari website dan bertujuan untuk membuat pengunjung website selalu update mengenai informasi terbaru di website.
     

  2. Melakukan survey

    Fungsi lainnya dari form pada website adalah untuk membuat survey pelanggan dimana pengunjung website bisa memberikan umpan balik terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui survey. Survey ini nantinya bisa digunakan oleh pemilik website untuk memperbaiki website sesuai dengan masukan yang diberikan oleh pengunjung.
     

  3. Menawarkan promo spesial

    Beberapa website juga biasanya menggunakan form untuk memberikan promo spesial bagi pengunjung, Ini biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi pengunjung website.
     

  4. Menjaga keamanan website

    Form juga bisa digunakan untuk memfilter email spam. Jadi hanya pengunjung yang mengisi form saja yang nantinya akan mendapatkan email. Ini akan mengurangi beban mail server dan mengurangi kemungkinan email spam yang akan mempengaruhi kepercayaan pengunjung terhadap website.

 

Plugin form WordPress terbaik

Melalui WordPress pembuatan form dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan bantuan plugin form. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi plugin form yang bisa kamu gunakan pada website berbasis WordPress.

 

  1. WPForms

    WPForms adalah plugin WordPress yang dapat mempermudah untuk membuat dan menambahkan form ke website WordPress. Salah satu fitur dari WPForms adalah drag-and-drop form builder yang intuitif, dan dapat dengan mudah menambahkan elemen-elemen pada form seperti teks, tanggal, pilihan, dan lainnya.

    Dengan menggunakan WPForms, kamu bisa membuat berbagai form seperti, form untuk berlangganan newsletter, form untuk melakukan order produk, form survey, dan lainnya. Selain itu WPForms juga memiliki fitur untuk membuat bukti pembayaran melalui form, menerima file upload, dan mengirim notifikasi email setelah formulir dikirim.

    Selain itu, WPForms juga memiliki integrasi dengan layanan email marketing populer, seperti Mailchimp dan Aweber supaya lebih mudah untuk menambahkan kontak baru ke daftar email kamu.
     

  2. Ninja Forms

    Selanjutnya adalah plugin WPForms, plugin yang satu juga memiliki tampilan form builder yang mudah digunakan. Seperti WPForms, plugin ini juga memberikan fitur drag-and-drop dan library yang berisi elemen-elemen untuk mempermudah pembuatan form.

    Ninja Forms juga memiliki beberapa fitur unik seperti formulir multi-halaman, formulir dengan kondisi khusus, dan formulir response. Fitur-fitur lainnya dari Ninja Forms seperti konversi form ke PDF, enkripsi form, serta add-on untuk integrasi WPForms dengan dengan CRM, Mailchimp, Aweber, dan lainnya.

    Plugin Ninja Forms ini bersifat freemium yang berarti bisa digunakan secara gratis namun dengan beberapa batasan, untuk membuka versi penuh bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau cukup $99 per tahun.
     

  3. Contact Form 7

    Selanjutnya ada Contact Form 7. Contact Form 7 adalah plugin WordPress yang digunakan untuk dengan mudah membuat form dan menambahkannya ke website berbasis WordPress. Salah satu kelebihan dari plugin Contact Form 7 ini adalah memiliki user interface yang sederhana dan mudah digunakan. Plugin Contact Form 7 juga memiliki fitur untuk mengirim notifikasi email setelah formulir dikirim.

    Beberapa kelebihan dari Contact Form 7 adalah gratis dan open-source, sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan mudah, mendukung multi-form dalam satu website, dan fitur auto translate untuk menerjemahkan form ke bahasa lain. Sejauh ini kekurangan dari Contact Form 7 adalah tidak memiliki drag-and-drop form builder, dan tidak memiliki integrasi dengan layanan email marketing seperti MailChimp ataupun lainnya.
     

  4. Formidable Forms

    Seperti WPForms dan Ninja Forms, Formidable Forms menyediakan interface drag-and-drop yang intuitif untuk membuat formulir pada website berbasis WordPress. Plugin Formidable Forms juga memiliki fitur untuk menerima pembayaran melalui form yang terhubung ke beberapa sistem pembayaran seperti PayPal ataupun yang lainnya.

    Formidable Forms memiliki beberapa fitur form, seperti integrasi dengan layanan email marketing populer seperti Mailchimp, Aweber, dan Constant Contact. Serta memiliki fitur untuk membuat form yang dinamis, seperti formulir yang di-update secara otomatis dengan data dari entri formulir lainnya. Serta seperti plugin lainnya, Formidable Forms juga bisa mengirim notifikasi email setelah formulir dikirim.

    Formidable Forms juga bisa digunakan secara gratis walaupun untuk membuka beberapa fitur membutuhkan versi berbayar. Untuk biaya berlangganan Formidable Forms cukup terjangkau di $49 per tahun.
     

  5. HappyForms

    Terakhir merupakan plugin form WordPress yang memiliki fitur lengkap yaitu HappyForms. Plugin ini memiliki fitur drag-and-drop, beberapa pilihan opsi untuk form yang ingin dibuat, fitur drop-down menu, UI yang mudah digunakan dan lainnya.

    Selain itu, Happy Forms juga memiliki beberapa fitur lain salah satunya responsive design, ini berfungsi untuk membuat tampilan form kompatibel dengan berbagai ukuran layar sehingga membantu pengunjung untuk mengisi form bahkan di ukuran yang lebih kecil seperti smartphone.

    Fitur-fitur lainnya yang dimiliki HappyForms seperti notifikasi email ketika form dikirim dan built-in spam protection juga tersedia di plugin ini. HappyForms juga bisa digunakan secara gratis dan bisa didownload melalui WordPress Plugin Repositori. Untuk versi berbayar dari HappyForms bisa didapatkan dengan harga mulai dari $29 per tahun dan kamu akan mendapatkan fitur seperti integrasi form ke Google Analytics, Zapier, ataupun Sales Force. 

 

Pilih plugin form WordPress yang sesuai

Sekian artikel kali ini mengenai plugin form WordPress terbaik. Tentu saja setiap plugin yang sudah dijelaskan sebelumnya bisa kamu instal di website berbasis WordPress. Jika kamu menginginkan website WordPress dengan performa tinggi dan bisa diakses secara cepat maka kamu bisa pertimbangkan untuk memilih NEO WordPress, layanan hosting instan dari Biznet Gio.

 

NEO WordPress merupakan layanan serverless dimana kamu tidak perlu repot setup server dan hosting. Kamu bisa mendapatkan aplikasi WordPress dalam waktu 60 detik sejak pembelian. Kamu juga akan mendapatkan WordPress versi terbaru yang juga termasuk gratis SSL. Salah satu kelebihan dari NEO WordPress adalah berjalan di cluster Kubernetes yang menyebabkan WordPress lebih cepat, minim downtime, dan lebih aman. NEO WordPress juga memiliki sumber daya komputasi dedicated yang bisa di-upgrade kapan saja sesuai kebutuhan.

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan untuk 2 vCPU Core, 2 GB RAM, dan 10 GB Storage yang masing-masing dibagi ke dalam 2 pod untuk apps dan database dengan konfigurasi sumber daya yang sama. Kunjungi Portal Biznet Gio, untuk informasi lebih lanjut hubungi support@biznetgio.com.