news image
news 14 Juni 2023

5 Plugin Post Views dan Pentingnya Untuk Website

Sebagai pemilik website, akan sangat menyenangkan bila mengetahui suatu konten di halaman website memiliki kunjungan post atau post views yang tinggi. Terlebih jika website yang dikelola sebagian besar terdiri dari konten yang berisi informasi, baik berbentuk artikel teks, gambar, maupun video. Hal ini tentunya dapat menambah rasa semangat pemilik dan pembuat konten untuk menyajikan lebih banyak hal informatif lainnya.

 

Berangkat dari hal tersebut, WordPress, sebagai content management system (CMS) populer pun menyajikan beragam pilihan plugin post views yang dapat digunakan oleh pemilik website. Melalui plugin ini, pemilik website dapat mengetahui jumlah total kunjungan pada suatu halaman atau konten sehingga dapat memilah konten dengan jumlah kunjungan tertinggi hingga terendah.

 

Mau tahu lebih lanjut mengenai plugin post views? Yuk, simak artikel berikut ini secara lengkap ya! 

Apa itu plugin post views? 

Plugin post views adalah sebuah plugin yang berfungsi untuk menghitung jumlah kunjungan atau tampilan pada setiap postingan di website yang menggunakan platform WordPress. Plugin ini sangat berguna untuk memantau popularitas suatu postingan dan membantu dalam mengukur kesuksesan konten pada website.

 

Dengan menggunakan plugin post views, pengguna WordPress dapat melihat jumlah tampilan atau kunjungan setiap postingan secara real-time. Plugin ini memberikan data statistik yang akurat dan terperinci, sehingga pengguna dapat mengetahui postingan mana yang paling banyak dilihat dan berpotensi untuk meningkatkan traffic website.

 

Selain itu, plugin post views juga dapat diintegrasikan dengan plugin lain, seperti Jetpack, Yoast SEO, dan Google Analytics. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan lebih banyak data dan membuat analisis yang lebih akurat tentang performa website mereka. 


Saat ini, tersedia banyak sekali plugin post views di WordPress yang dapat pemilik website gunakan sesuai kebutuhan. Masing-masing plugin biasanya menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing. Walau demikian, pengguna biasanya perlu menggunakan paket premium atau berbayar untuk unlock fitur-fitur yang expert

Plugin post views 

  1. Post Views Counter

    Post Views Counter merupakan plugin di WordPress yang digunakan untuk menghitung jumlah tampilan pada setiap postingan atau halaman di situs web. Plugin ini sangat berguna bagi pengguna WordPress untuk memantau popularitas setiap postingan di website dan membantu dalam mengukur traffic konten pada website. 

    Widget tampilan postingan juga disertakan di dashboard WordPress untuk memantau performa postingan pemilik website. Selain itu, pengguna juga dapat secara manual mengatur jumlah posting yang dilihat untuk setiap posting individu. 

    Plugin ini memungkinkan pengguna untuk membuat kueri posting berdasarkan jumlah tampilan, tidak termasuk tampilan dari pengguna yang masuk, bot, dan administrator website. Jika website kamu memiliki beberapa administrator, kamu juga dapat membatasi tampilan postingan berdasarkan peran mereka di area admin WordPress.

     

  2. MonsterInsights

    MonsterInsights merupakan plugin WordPress Google Analytics yang berfungsi untuk menampilkan statistik. Melalui plugin ini, pemilik webiste dapat mengakses dashboard dan informasi dari Google Analytics langsung melalui dashboard WordPress pemilik.  

    Dengan menggunakan Monsterinsights, pengguna tidak perlu bantuan dari pengembang WordPress untuk mengaktifkan semua fitur dari Google Analytics. Selain itu, plugin ini juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan laporan pengunjung berdasarkan negara, jenis kelamin, atau tipe perangkat yang digunakan, misalnya mobile, desktop, dan seterusnya.  

    MonsterInsights dapat menganalisis postingan yang paling populer pada website. Selain itu, plugin ini juga kompatibel dengan semua tema populer sehingga pengguna tidak perlu melakukan penyesuaian lagi. 

    Namun, ada satu kekurangan dari versi gratis, yaitu pengguna tidak dapat melihat statistik untuk setiap jenis konten. Jika pengguna ingin mendapatkan akses tanpa batas ke alat pelacakan plugin, maka dapat memilih untuk berlangganan edisi premium. 
     

  3. ExactMetrics

    Hampir sama dengan sebelumnya, ExactMetrics juga menghubungkan Google Analytics dengan Wordpress. Plugin ini bisa menghitung pengunjung setiap konten pada halaman website dan dapat digunakan oleh pemula, baik blog kecil maupun website dengan skala yang besar. 

    Plugin ini tidak hanya melacak tampilan posting seluler, tetapi juga menyediakan data analitik lengkap langsung dari dasbor WordPress. Dengan data traffic yang detail, pemilik website dapat melihat aktivitas pengguna secara real-time dan menyesuaikan konten postingan dengan cepat untuk menarik audiens yang lebih beragam.  

    Pemilik website juga dapat melihat semua informasi penting tentang pengguna dengan mudah. ExactMetrics menyediakan versi premium untuk memantau aktivitas pengunjung pada website. 
     

  4. JetPack

    Plugin satu ini merupakan plugin populer yang multi-fungsi. Tidak heran bila banyak digunakan oleh pengguna WordPress. JetPack merupakan plugin yang disebut-sebut wajib dimiliki oleh para pemilik website. Plugin ini menawarkan banyak fitur, seperti analitik untuk memantau traffic dan kueri yang masuk, serta otomatisasi posting ke media sosial. 

    Tidak hanya itu, JetPack juga memungkinkan pengguna untuk menampilkan artikel populer berdasarkan waktu tertentu tanpa perlu menggunakan plugin tambahan. Dengan begitu, pemilik website dapat meningkatkan pengalaman pengguna pada situs website dengan mudah menggunakan JetPack. 
     

  5. WP-PostViews

    Terakhir, WP-PostViews. Plugin yang terkenal populer ini ramah bagi developer untuk melacak jumlah tampilan posting WordPress. Plugin ini secara otomatis akan memantau tampilan posting dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan kode khusus pada file template pengguna untuk menampilkan penghitung tampilan atau visitor counts. 

 

Itulah beragam plugin post-views yang dapat kamu pilih untuk dipasang pada laman website WordPress kamu. Selain memilih plugin yang tepat, kamu juga bisa memilih WordPress hosting instan, seperti NEO WordPress, sebagai layanan WordPress hosting kamu.

 

NEO WordPress merupakan layanan WordPress hosting dari Biznet Gio yang berjalan di atas teknologi Kubernetes. Teknologi ini memastikan performa website lebih cepat dan minim downtime. Selain itu, secara bawaan website yang berjalan di atas Kubernetes juga lebih aman karena terdapat fitur self-healing apabila terjadi eror pada level server. NEO WordPress dilengkapi gratis generated-domain, gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tambahan, sumber daya komputasi dedicated, serta kemampuan untuk upgrade dan downgrade sumber daya secara mudah.

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan untuk 2 vCPU Core, 2 GB RAM, dan 10 GB Storage yang masing-masing dibagi ke dalam 2 pod untuk apps dan database dengan konfigurasi sumber daya yang sama. Kunjungi Portal Biznet Gio, untuk informasi lebih lanjut hubungi support@biznetgio.com.