news image
news 7 Februari 2024

10 Plugin WordPress SEO Terbaik untuk Tingkatkan Rangking Website

 

Seiring perkembangan digital, tidak dapat dipungkiri jika website menjadi salah satu media pemasaran yang paling banyak dipilih oleh pebisnis. Dengan website kamu bisa menawarkan produk atau jasa dengan jangkauan yang lebih luas. Tentunya, mendapatkan jangkauan yang lebih luas ini akan meningkatkan trafik website.

 

Cara agar trafik website meningkat adalah dengan mengoptimasi SEO atau search engine optimization. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan plugin WordPress SEO terbaik.

 

Bahkan beberapa plugin ini bisa diterapkan dengan mudah dan gratis, lengkap dengan fitur-fitur optimasi SEO seperti, keyword, internal link, broken link, hingga menampilkan performa kecepatan website.

 

Ada banyak pilihan plugin WordPress SEO yang mungkin akan membuatmu bingung mana yang terbaik. Maka dari itu, dalam artikel ini akan merekomendasikan plugin WordPress SEO terbaik yang wajib kamu install di website.

 

Rekomendasi Plugin WordPress SEO Terbaik

Rekomendasi plugin WordPress SEO terbaik di bawah ini sudah banyak digunakan oleh pengembang website. Masing-masing dari plugin tersebut memiliki spesifikasi, harga, dan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut 10 rekomendasi plugin WordPress SEO yang bisa dijadikan pilihanmu:

 

  1. Yoast SEO

    Bagi pengembang website berbasis WordPress tentunya sudah familiar dengan Yoast SEO. Plugin ini sendiri merupakan salah satu plugin WordPress SEO yang paling populer.

    Yoast SEO dilengkapi dengan fitur yang bisa mengoptimasi konten seperti, SEO title, meta description, dan meta keyword pada setiap postingan dan halaman.

    Selain itu, plugin WordPress SEO ini juga dilengkapi dengan rekomendasi atau saran untuk memaksimalkan kontenmu diantaranya dengan implementasi URL, tag deskripsi, dan juga kata kunci agar meminimalisir keyword stuffing.

    Nah, dengan menggunakan Yoast SEO dijamin kamu bisa mengoptimasi konten website jadi lebih baik. Kamu juga bisa menambahkan kategori, breadcrumbs, dan lain sebagainya.
     

  2. Squirrly SEO

    Jika kamu mencari plugin WordPress SEO yang mudah diaplikasikan, maka Squirrly SEO bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, plugin ini sendiri memang ditujukan untuk para pemula yang ingin mengoptimasi konten SEO Friendly.

    Bahkan, kamu juga akan mendapatkan live assistant yang siap membantu untuk menggunakan Squirrly SEO. Namun, meskipun mudah plugin ini juga dilengkapi dengan fitur yang mumpuni seperti, meta title, meta description, optimasi kata kunci dan meta tag.
     

  3. All in One SEO Pack

    Rekomendasi plugin WordPress SEO berikutnya ada All in One SEO Pack. Plugin ini juga menjadi salah satu plugin yang banyak digunakan pengguna.

    All in One SEO memiliki fitur dengan dukungan Google Analytic, membuat sitemap XML, serta mampu mengoptimasi judul, meta tag, dan banyak fitur lainnya.
     

  4. Rank Math

    Berbeda dengan Yoast SEO yang harus membayar untuk menggunakan beberapa fitur, Rank Math bisa kamu install dan gunakan secara gratis.

    Ada beberapa fitur andalan yang ditawarkan diantaranya, rich snippet markup, social media card preview untuk Twitter dan Facebook, redirection, dan juga Google Search Console.

    Selain itu, Rank Math juga bisa digunakan untuk memonitor 404 error di website. Kamu akan mendapatkan notifikasi halaman apa saja yang mengalami 404 error dan berapa kali frekuensinya.
     

  5. Google Site Kit

    Google Site Kit adalah plugin WordPress SEO yang dikembangkan oleh Google. Kelebihan dari plugin ini sudah terhubung dengan layanan Google yang lain seperti, Search Console, Analytics, Adsense, dan PageSpeed Insight.

    Dengan menggunakan Google Site Kit, kamu bisa mengakses dan menggunakan laporan dari Google dengan mudah. Kamu juga melakukan manajemen tim untuk berbagi data dalam mengoptimalkan situs web.
     

  6. The SEO Framework

    Sama seperti Rank Math, The SEO Framework juga menawarkan paket premium tanpa pungutan biaya apapun.

    Kelebihan menggunakan The SEO Framework adalah kemampuan otomatis untuk membuat judul, deskripsi maupun URL canonical, serta mengoptimalkan SEO sebagaimana mestinya.

    Plugin ini juga sangat cocok digunakan bagi para pemula, sebab pengguna hanya perlu melakukan kustomisasi dan pengaturan plugin saat menggunakannya.
     

  7. Slim SEO

    Slim SEO adalah salah satu rekomendasi plugin WordPress SEO berikutnya, plugin ini dapat membantu mengoptimalkan konten website. Mulai dari judul, halaman, deskripsi, URL serta meta tag.

    Keunggulan utama plugin ini, terletak pada kemampuan untuk menangani aspek-aspek krusial dalam SEO tanpa harus menggunakan terlalu banyak opsi yang membingungkan pengguna.
     

  8. SEOPRess

    SEOPress menjadi pilihan unggulan pada daftar plugin SEO WordPress.  Salah satu aspek yang menonjol dari SEOPress adalah analisis kontennya yang mendalam. Dengan memberikan saran yang spesifik terkait kata kunci, panjang konten, dan elemen SEO lainnya, SEOPress membantu pengguna mengoptimalkan setiap halaman dan posting dengan presisi.

    Tidak hanya itu, kemampuan pengaturan meta yang kuat memberikan pengguna memiliki kontrol penuh terhadap judul halaman, deskripsi, dan tag kata kunci, untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian.
     

  9. WP Meta SEO

    WP Meta SEO bisa menjadi solusi efisien untuk manajemen meta tags di situs WordPress. Plugin ini secara otomatis dapat mengatur meta, termasuk judul halaman, deskripsi, dan tag kata kunci.

    Kelebihan utama WP Meta SEO terletak pada user experience yang mudah digunakan, memudahkan pengguna untuk dengan cepat dan efektif mengoptimalkan meta tags pada setiap halaman.

    Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan leluasa menyesuaikan informasi meta tanpa perlu memiliki skill atau teknis tertentu.
     

  10. LiteSpeed Cache

    Rekomendasi terakhir ada LiteSpeed Cache. Plugin ini mengoptimasi performa SEO dengan cara caching objek, caching minification, caching statis dan lain sebagainya.

    Semua fitur caching ini bekerja untuk meningkatkan kecepatan loading halaman website dan membuatnya lebih responsif.  

 

Itulah rekomendasi plugin WordPress SEO terbaik yang bisa kamu gunakan untuk optimisasi SEO pada WordPressmu.

 

Dari daftar di atas masih banyak pilihan plugin SEO WordPress lainnya, kamu juga bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan SEO On-page untuk Website

 

Jika kamu belum memiliki website yang menggunakan WordPress, yuk segera buat websitemu sendiri dengan NEO WordPress. Dengan infrastruktur Kubernetes agar website tetap stabil, cepat dan minim downtime.

 

Hanya dengan 50rb kamu juga bisa menikmati benefit lainnya, seperti:  

  1. Fasilitas lengkap dari domain, SSL, WordPress terbaru, dan bandwidth gratis.  
  2. Gratis AI Web Builder yang bisa membantumu mengoptimalkan konten dengan fitur Text Generator berbasis chat GPT.  
  3. Dengan cache built in, resource fleksibel, kamu tidak perlu takut dengan trafik website tinggi. Website akan tetap responsif dan stabil.  
  4. Website assistant yang siap membantumu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan memberikan tutorial penggunaan WordPress.  

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.