news image
news 24 Maret 2023

5 Plugin Sosial Media Populer yang Banyak Digunakan di WordPress

Sebagai CMS terpopuler yang digunakan di seluruh belahan dunia, WordPress memiliki ribuan plugin gratis maupun premium yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Ketersediaan plugin WordPress sendiri terbilang lengkap. Mulai dari plugin keamanan, SEO, backup, ads, kecepatan, form, anti-spam, hingga sosial media. 

 

Berbicara mengenai plugin sosial media, plugin ini merupakan salah satu cara yang dapat dimanfaatkan seseorang bila hendak menaikkan trafik website. Jadi, pada dasarnya trafik website tidak hanya bisa didapatkan melalui mesin pencarian saja. Sama halnya dengan sosial media, trafik pun bisa ditingkatkan melalui pemanfaatan sosial media. 

 

Apa itu plugin sosial media di WordPress? 

Plugin sosial media WordPress adalah sebuah ekstensi atau add-on yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur sosial media pada situs web yang dibangun menggunakan platform WordPress. Seperti yang kita ketahui, sosial media merupakan platform di internet dengan jumlah pengguna aktif yang tinggi setiap harinya.  

 

Melalui plugin ini, pembaca atau pengunjung website dapat memberikan reaction melalui button yang tersedia, seperti bagikan ke sosial media Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan demikian, postingan tersebut memiliki potensi untuk dibaca khalayak lebih luas.  

 

Tidak hanya itu, plugin sosial media di WordPress juga umumnya membuat pengunjung website dapat memberikan reactions, seperti menyukai, memberikan komentar, dan lain-lain. Berikut beberapa fitur umum yang biasanya terdapat pada plugin sosial media WordPress: 

 

  • Share. Fitur ini biasanya berupa ikon agar para pembaca mudah untuk membagikan isi konten di website ke akun media sosialnya.  
  • Feeds media sosial. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan isi feeds media sosial pada website. 
  • Auto publish. Fitur ini dapat mempermudah untuk publish konten secara otomatis ke sosial media yang terhubung.  
  • Profil sosial media. Fitur ini menampilkan profil media sosial sehingga pengunjung akan lebih mengenal profil pemilik website. 

 

Selain itu, ada juga plugin sosial media WordPress yang berupa embed code untuk video dari YouTube. Pada intinya, plugin ini berfungsi untuk mengintegrasikan website ke berbagai platform sosial media.  

 

Apa saja plugin sosial media WordPress yang populer? 

WordPress memiliki banyak sekali plugin sosial media yang dapat digunakan. Walau demikian, kamu tidak perlu bingung. Sebab, artikel ini akan merangkum sejumlah plugin sosial media yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Simak selengkapnya di bawah ini. 

 

Kiwi Social Share 

Kiwi Social Share adalah plugin atau ekstensi yang dapat digunakan untuk menambahkan tombol bagikan pada website. Plugin ini dapat memudahkan pengunjung website untuk berbagi konten situs web di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Hal ini berguna untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas website. 

 

Dengan menggunakan Kiwi Social Share, pemilik website dapat menempatkan plugin ini pada posisi atas maupun bawah artikel, maupun floating icons sehingga menarik perhatian pengunjung website.  

 

Share Buttons by AddThis 

Plugin ini merupakan salah satu plugin social media sharing yang banyak digunakan dan juga banyak diberikan rating bintang 5 di review WordPress. Adapun AddThis Share Buttons adalah plugin Wordpress yang menambahkan tombol berbagi sosial media pada website pengguna.  

 

Plugin ini menyediakan berbagai jenis tombol berbagi, termasuk tombol sosial media populer seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan 200 media sosial lainnya. Fitur lain dari plugin ini termasuk analitik pembagian untuk melacak kinerja tombol berbagi dan pengaturan yang fleksibel untuk menyesuaikan tampilan tombol sesuai dengan desain website.  

 

Ultimate Social Deux 

Ultimate Social Deux adalah plugin yang menawarkan all-in-one service sebagai social media sharing plugin pada WordPress. Plugin ini juga kompatibel dengan berbagai plugin WordPress lain, seperti WooCommerce, Jigoshop, Easy Digital Download, dan Visual Composer.  

 

Tidak hanya dapat membagikan ke sosial media, melalui Ultimate Social Deux pembaca website dapat membagikan konten ke email.  

 

Social Sharing Plugin – Sassy Social Share 

Hampir sama dengan plugin sosial media lainnya, Sassy Social Share dapat memudahkan pemilik website untuk mengatur dan menambahkan tombol sosial media pada website. Walau demikian, Sassy Social Share memiliki sejumlah keunggulan, yakni terdapat share counter di mana pengunjung website dapat mengetahui jumlah konten tersebut telah dibagikan, terintegrasi dengan URL shortener, mobile friendly, ringan, sosial media follow ikon, dan mendukung ke lebih dari 100 jejaring media sosial. 

 

Dengan fitur yang lengkap, tak heran bila plugin ini memiliki lebih dari 50.000 pengguna aktif. Selain itu, semua plugin Sassy Social Share juga gratis sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakannya. 

 

AddToAny 

AddToAny merupakan universal button dengan beragam pilihan untuk membagikan konten pemilik website ke media sosial lainnya. Sama halnya dengan social media sharing lainnya, pemilik website dapat mengubah tombol sosial media sesuai keinginan. Kemudian, salah satu keunggulannya adalah mendukung penggunaan short code

Walau terkenal sebagai plugin universal, namun plugin ini terbilang ringan dan mudah digunakan oleh siapa saja. 

 

Tingkatkan traffic website dengan sosial media plugin di WordPress 

Itulah lima plugin sosial media yang bisa kamu gunakan di WordPress. Walau demikian, WordPress menyediakan banyak sekali plugin sosial media yang bisa kamu gunakan. Fungsi dan fiturnya pun beragam, sesuai dengan kebutuhan.  

 

Sebagai informasi, menggunakan plugin dapat menambah beban pada website karena setiap website dibuka maka plugin yang aktif juga akan di-load bersamaan, sehingga jika sumber daya pada layanan hosting tidak memadai maka website akan melambat. Pastikan kamu menggunakan layanan hosting WordPress yang mampu mendukung performa tinggi seperti NEO WordPress

 

NEO WordPress merupakan layanan serverless di mana pengguna tidak perlu ribet untuk melakukan setup server dan hosting terlebih dahulu sehingga sangat praktis. Dengan demikian, layanan ini akan langsung siap dipakai dalam 60 detik setelah pembelian. 

 

Tidak hanya itu, NEO WordPress dilengkapi gratis bandwidth besar hingga 10 Gbps tanpa kuota. Cukup dengan Rp50.000/bulan, kamu sudah bisa mendapatkan NEO WordPress dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2 GB RAM, dan 10 GB SSD Storage.  

 

NEO WordPress berjalan di atas kluster kubernetes yang dapat di-scale dengan sangat mudah menyebabkan WordPress lebih cepat dan minim downtime. Miliki website dengan fitur terlengkap dari Biznet Gio. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami via live chat di website Biznet Gio atau via email ke sales@biznetgio.com