news image
news 31 Januari 2023

Ketika memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih seperti misalnya shared hosting, dedicated hosting, ataupun VPS hosting. VPS sendiri saat ini bisa menjadi pilihan jika kamu menginginkan performa website yang lebih bisa diandalkan dibanding shared hosting tapi masih terjangkau dan ramah budget.


 

Perbedaan yang paling mendasar antara shared hosting dan VPS adalah, shared hosting memiliki pengaturan sumber daya komputasi yang berbagi dengan pengguna yang lain pada satu server yang sama, nah ini bisa menjadikan performa website terganggu jika seandainya terdapat pengguna yang mengalami gangguan.


 

Solusinya adalah dengan menggunakan VPS yang memvirtualisasikan server yang sumber dayanya terisolasi sehingga memiliki sumber daya khusus yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna. Karena terisolasi secara sumber daya maka performa yang dimiliki oleh VPS jauh lebih optimal jika dibandingkan dengan shared hosting biasa.


 

Kapan dan Kenapa Harus Pindah ke VPS?

Jika saat ini kamu belum menggunakan VPS atau belum pernah sama sekali menggunakan layanan VPS berikut ini adalah beberapa kriteria kapan dan kenapa kamu harus pindah ke VPS.


 

  • Kamu memiliki traffic pengunjung website yang tinggi
  • Kamu ingin meng-host domain lain
  • Dedicated hosting membutuhkan biaya investasi yang besar, tetapi kamu membutuhkan layanan yang aman dengan biaya terjangkau.
  • Kamu membutuhkan keamanan ekstra.
  • Kamu berencana menjalankan software khusus.
  • Kamu ingin mencoba fitur khusus untuk server.


 

Apa yang bisa dilakukan dengan VPS?

Tentu saja VPS merupakan opsi yang lebih reliabel untuk menjalankan website atau aplikasi. Setelah mengetahui apa itu VPS berikut ini adalah apa saja yang bisa dilakukan oleh VPS.


 

  1. Hosting beberapa website

    Salah satu kegunaan yang cukup umum dari VPS adalah untuk meng-host website. Jika seandainya pada shared hosting terdapat batasan website yang bisa di-host tapi dengan VPS kamu bisa meng-host beberapa website tergantung total sumber daya yang dimiliki. Selain itu, VPS sangat fleksibel dan dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh server pada umumnya.

    VPS juga bagus untuk mengelola database dan email dengan mudah. Kamu akan mendapatkan sumber daya yang terdedikasi dengan akses root penuh, sehingga kamu bisa menginstal apapun yang dibutuhkan oleh website.

     

  2. Membuat website yang mampu tampung traffic lebih tinggi

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya dimana VPS memiliki sumber daya yang terisolasi dari pengguna yang lain dan hal ini menyebabkan VPS lebih siap tampung traffic tinggi. Selain itu VPS juga memberikan privasi dan keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan shared hosting.

    VPS adalah pilihan yang tepat untuk website yang menerima traffic tinggi dan mampu memuat halaman web dengan lebih cepat namun dengan biaya yang lebih ekonomis.

     

  3. Menjalankan dan mengembangkan aplikasi

    Dengan menggunakan VPS kamu juga bisa menjalankan aplikasi yang sudah kamu buat sebelumnya agar bisa diakses secara online. Karena memiliki sumber daya yang mumpuni dan terdedikasi serta memiliki akses root untuk menginstal apapun yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi sehingga kamu bisa menjalankan dan mengembangkan aplikasi berbasis Rails, Node, and React dengan mudah.

    Dari segi pengembangan aplikasi, VPS bisa bertindak sebagai ruang kerja virtual di mana kamu dapat mengizinkan tim-mu untuk mengakses pengembangan aplikasi dimana saja dan memungkinkan pengembangan secara remote. Selain itu, VPS memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi secara langsung tanpa memerlukan server terpisah yang jauh lebih mahal. VPS memungkinkan untuk mengatasi bug dan menguji aplikasi sebelum diluncurkan.

     

  4. Sebagai game server

    Jika kamu adalah seorang gamer yang sering memainkan game-game seperti Runecraft, Minecraft, atau World of Warcraft kamu bisa menggunakan VPS untuk menjalankan private server untuk game.

    Dengan memiliki server sendiri, kamu bisa melakukan modifikasi tersendiri pada game yang tidak melanggar ketentuan online karena berjalan di server pribadi, bermain secara multiplayer tanpa harus terhubung ke server global yang juga bisa menyebabkan server game lebih stabil dan rendah latensi.

     

  5. Menjadi cloud storage

    VPS juga cocok digunakan untuk menjadi layanan cloud storage layaknya Google Drive maupun Dropbox dimana kamu bisa menyimpan data pada cloud yang bisa diakses dimana saja asal terhubung ke internet.

    Baca juga: Mengenal Apa itu NextCloud! Platform Private Cloud Storage Open-Source

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan cloud storage dengan VPS adalah dengan memanfaatkan aplikasi open-source yaitu NextCloud. NextCloud bisa kamu gunakan untuk menyimpan dan mencadangkan data, gambar, audio, dan video layaknya cloud storage lainnya yang lebih aman dan pribadi karena menggunakan VPS yang hanya memiliki sumber daya terpisah dan tidak bergabung dengan pengguna lain.

     

Pakai NEO Lite, Layanan VPS dari Biznet Gio

Dengan VPS, kamu bisa melakukan hal-hal menarik, seperti menguji dan mengembangkan aplikasi, meng-hosting banyak website, membuat server game, membuat cloud storage, dan bahkan kamu bisa membuat bisnis pembuatan website. Untuk memulai dengan pilihan VPS dimana kamu memiliki kontrol penuh tanpa biaya tambahan serta gratis bandwidth tanpa biaya egress kamu bisa menggunakan NEO Lite dari Biznet Gio. Selain itu NEO Lite didukung layanan support yang bisa diandalkan dengan respon cepat di bawah 15 menit untuk membantumu jika seandainya terjadi kendala.


 


 

Dengan NEO Lite, kamu bisa mendapatkan sumber daya komputasi CPU dan RAM dedicated, penyimpanan SSD, gratis public IP, ditambah fasilitas gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota. Selain itu sumber daya komputasi pada NEO Lite dapat di scale-up kapan saja dengan mudah sesuai kebutuhan.

 

Dapatkan NEO Lite dengan berbagai pilihan sumber daya komputasi, mulai dari Rp50.000/bulan untuk 1 vCPU core, 1 GB RAM, dan 60 GB SSD storage. Khusus paket MM 8.4 keatas dengan harga mulai dari Rp245.000/bulan untuk 4 vCPU core, 8 GB RAM, dan 60 GB SSD Storage sudah dilengkapi dengan gratis lisensi cPanel Solo© Cloud yang bisa diklaim melalui Portal Biznet Gio.

 

Kunjungi Portal Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami via live chat di website Biznet Gio maupun hubungi kami melalui email ke support@biznetgio.com.