Mengenal Hyperlink, Mulai dari Definisi, Fungsi, hingga Cara Membuatnya


Saat membaca artikel, presentasi, dan dokumen lainnya, terkadang kita sering kali menemukan kata atau teks yang berwarna kontras dengan kata lainnya. Kata tersebut mengandung link yang bila diklik, akan mengarahkan pembaca ke halaman atau dokumen lainnya. Inilah yang dinamakan hyperlink.

Hyperlink adalah fitur atau bagian dari halaman website yang dapat menghubungkan satu bagian tersebut dengan program atau halaman lainnya. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari menaruh hyperlink adalah bisa digunakan untuk pencarian file. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Apa itu Hyperlink?

Hyperlink adalah metode yang digunakan untuk menghubungkan halaman satu dengan halaman lainnya yang bisa ditemukan dalam artikel, presentasi, Word, dan sejenisnya. Biasanya, hyperlink dibuat dalam bentuk teks atau kata kemudian ditautkan dengan suatu link atau lokasi halaman yang dituju.

Selain berbentuk teks atau kata, hyperlink bisa juga berupa gambar, video, dan lain sebagainya yang ditautkan dengan link atau lokasi halaman yang dituju. Saat ini, hyperlink juga dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk, misalnya tombol call to action hingga animasi agar semakin menarik.

Jadi pada intinya, hyperlink merupakan penghubung antara halaman, baik halaman online atau offline internal maupun eksternal ke halaman lain. Hyperlink juga menjadi cara untuk melakukan shortcut ke halaman lain dengan menyimpannya pada network server. Kehadiran hyperlink ini juga dapat membantu untuk menaikkan nilai search engine optimization pada web agar menambah traffic.

Jenis-jenis hyperlink

Terdapat 3 jenis hyperlink yang bisa ditemukan dalam website, antara lain:

1. Absolute address

Absolute address adalah shortcut yang digunakan untuk menghubungkan halaman dan hanya bisa dibuka bila perangkat memiliki koneksi internet. Pada hyperlink jenis ini, hyperlink ditulis berupa full internet address URL yang meliputi protocol, network location, path, dan nama file. Hyperlink ini dapat ditemukan pada situs web yang mencantumkan link pada dokumen atau tulisannya.

Absolute address biasanya digunakan untuk menghubungkan teks atau artikel pada sumber yang dikutipnya atau credit pada pemilik informasi. Namun, absolute address juga sering digunakan untuk memancing pembaca ke halaman lain pada website yang sama untuk menambah jumlah pembaca.

2. Relative address

Hampir sama dengan yang sebelumnya, relative address merupakan penghubung antara sebuah halaman pada alamat URL, namun tanpa menyebutkan network location atau protokolnya. Jadi, jenis hyperlink ini hanya menampilkan nama file dan path yang dituju. Biasanya sering digunakan pada jurnal daring atau makalah yang ada di internet.

3. Link to section

Jenis hyperlink ini biasa digunakan untuk menghubungkan file satu dengan file lainnya dalam bentuk offline atau tidak terkoneksi dengan internet. Biasanya, link to section seringkali ditemukan dalam Ms. Excel, Ms. Powerpoint, dan Ms. Word.

Fungsi hyperlink

Hyperlink berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk membuka hal lain yang masih berkaitan pada halaman tersebut. Singkatnya, hyperlink merupakan semacam shortcut yang memudahkan mobilitas pembaca dalam mengeksplor informasi.

Biasanya, sebuah teks yang menggunakan hyperlink akan berwarna biru terang dengan underline pada kata yang disisipkan link. Namun, warna teks yang diberi hyperlink tersebut juga masih dapat diubah atau disesuaikan oleh pemiliki website. Bila pembaca mengarahkan kursor pada teks hyperlink dan mengkliknya, maka akan langsung diarahkan ke halaman baru.

Seiring perkembangan zaman, hyperlink juga kini berfungsi untuk meningkatkan SEO pada web dan artikel. Karena penggunaan hyperlink di web bisa menjadi internal atau external link.

Cara membuat hyperlink

Berikut adalah cara membuat hyperlink. Dalam suatu halaman web, membuat hyperlink dapat dilakukan dengan cara membuat kode HTML dengan rumus sebagai berikut:

"<a href=”URL situs”>Anchor Text yang diinginkan</a>"

Sebagai contoh:

<a href=”https://www.biznetgio.com/promo”>Kumpulan Promo di Biznet Gio</a>

Maka, hyperlink itu akan membawa pengunjung menuju ke halaman promo-promo di web Biznet Gio.

Adapun cara membuat hyperlink untuk download file, berikut rumusnya:

<a href=”https://www.namayangdiinginkan.co.id/sample-gambar.jpg” download>

Bila pengguna atau pembaca mengklik link tersebut, maka akan tampil file download pada komputer.

Sementara, bila ingin menautkan hyperlink pada dokumen offline, seperti Ms. Word atau Powerpoint, bisa masuk ke dalam Insert dan pilih link.

Kesimpulan

Hyperlink merupakan fitur yang sering ditemukan di dalam artikel, presentasi, dan lainnya yang berfungsi untuk mengakses halaman baru untuk mendukung informasi yang akan dibaca. Saat ini, memanfaatkan hyperlink sangat bermanfaat karena dapat menaikkan traffic suatu halaman. Bahkan, pada artikel-artikel advertorial media online terkemuka, tak jarang klien memanfaatkan hyperlink untuk menautkan web atau sosial media yang mereka miliki agar pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Walau demikian, menyusun HTML juga terbilang sangat mudah hanya dengan memanfaatkan rumus atau kode HTML.

Bila kamu sering menggunakan CMS, seperti WordPress, dan ingin mencoba memasukkan hyperlink, langkah awalnya adalah blok teks yang ingin dijadikan hyperlink, misalnya Hosting WordPress Biznet Gio. Lalu, pada Top Toolbar cari dan klik ikon yang seperti rantai. Kemudian, paste URL tujuan dan klik done.

Mudah, bukan? Untuk menerapkan cara menambahkan hyperlink pada WordPress seperti hal di atas, tentunya membutuhkan layanan WordPress hosting instan dari Biznet Gio, seperti NEO WordPress. Melalui NEO WordPress, kamu bisa mendapatkan website berbasis WordPress dalam waktu satu menit tanpa sulit untuk setup hosting terlebih dahulu.

Selain itu, layanan ini memiliki sumber daya terdedikasi dan berjalan di atas cluster Kubernetes serta ditambah gratis bandwidth tanpa kuota untuk memastikan website anti-down dari masalah di sisi server dan selalu lancar ketika mendapatkan traffic tinggi. Jadi, sekali klik, maka website akan langsung aktif dan dapat digunakan.

Hanya dengan Rp50.000/bulan, kamu bisa mendapatkan NEO WordPress dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2 GB RAM dan 10 GB storage. Sumber daya tersebut terbagi ke dalam 2 pod di mana masing-masing untuk apps dan database dengan 1 vCPU, 1 GB RAM, dan 5 GB storage. NEO WordPress bisa diperbesar sewaktu-waktu, melalui Portal Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa hubungi kami melalui support@biznetgio.com.

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now