Cara Mudah Membuat Website untuk Pemula Dengan NEO WordPress 


Sebelum mengetahui cara mudah membuat website untuk pemula, terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui. Sebelum lanjut, website adalah kumpulan halaman web yang berdiri diatas satu domain yang sama. Website saat ini merupakan platform yang sangat populer untuk mengembangkan bisnis, kebutuhan personal, branding, blog, berita, dan lainnya.

Bahkan seperti sekarang dimana hampir segala kegiatan dialihkan menuju digital dan orang-orang mulai beralih menggunakan internet untuk segala kebutuhan. Pada perkembangannya, website harus dimulai dengan menggunakan coding yang mungkin sulit dimengerti oleh orang-orang pada umumnya.

Nah, melalui artikel ini, kita akan memberikan tutorial cara mudah membuat website untuk pemula dengan menggunakan salah satu layanan terbaru dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membuat Website

Sebelum membuat website ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Tentukan Tujuan

    Sebelum mulai membuat website, ketahui terlebih dahulu apa tujuanmu membuat website, apakah untuk keperluan bisnis, blog, portofolio, atau toko online. Mengetahui tujuan membuat website akan mempermudah apa langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan.
  2. Tidak Perlu Memahami Coding

    Awalnya website memang harus dibangun dengan memahami coding. Seiring berkembangnya zaman cara membuat website juga semakin mudah. Saat ini terdapat website builder yang sudah memiliki kelengkapan dan kemudahan. Bahkan beberapa website builder memberikan fitur drag and drop sehingga membuat halaman website bisa lebih mudah.
  3. Membangun website bukan hal yang sulit

    Membuat website bukanlah hal yang sulit, apalagi saat ini sudah tersedia layanan WordPress hosting yang bisa kamu dapatkan untuk membuat website berbasis WordPress secara instan. Layanan NEO WordPress misalnya, dengan NEO WordPress, WordPress bisa didapatkan dalam waktu kurang dari 60 detik. Selain itu kamu bisa melakukan kustomisasi website dengan mudah menggunakan plugin dan tema yang tersedia di WordPress

Cara Mudah Membuat Website untuk Pemula

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, selanjutnya kita akan lanjut ke cara mudah membuat website untuk pemula tanpa perlu memahami coding dengan menggunakan layanan hosting WordPress instan dari Biznet Gio.

Pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan salah satu layanan terbaru dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress. Dengan NEO WordPress kamu bisa mendapatkan website WordPress secara instan yang bisa langsung digunakan tanpa repot setup hosting. Cara untuk bisa mendapatkan WordPress hingga langsung berjalan sangat mudah dan cepat hanya dalam waktu 60 detik hingga kamu telah memiliki akses ke WordPress.

Berikut adalah cara mudah membuat website untuk pemula.

1. Login melalui Portal Biznet Gio

Pertama masuk ke Portal Biznet Gio lalu masukkan username dan password yang kamu miliki.


Jika kamu belum memiliki akun kamu bisa mengklik Register here atau klik tautan dibawah. Setelah melakukan pendaftaran silakan login kembali.


2. Order layanan NEO WordPress

Lalu di dashboard Portal Biznet Gio cari sub menu NEO WordPress pada menu Web di sebelah kiri.


Untuk tata cara membeli NEO WordPress kamu bisa mengikuti panduan melalui link berikut:

Baca juga: Cara Order layanan NEO WordPress

Setelah melakukan pembelian kamu sudah bisa langsung mendapatkan akses ke WordPress dengan generated domain yang nantinya bisa kamu ganti dengan domain lain sesuai keinginanmu.


3. Masuk ke WP admin

Setelah melakukan pembelian, kamu akan mendapatkan akses ke website WordPress serta WP admin untuk mengelola WordPress.


Untuk masuk ke WP admin klik "Login to Site” seperti gambar diatas, lalu masukkan username dan password sesuai yang tertera pada dashboard NEO WordPress (perlu diingat bahwa password hanya bisa dimunculkan satu kali). Setelah itu kamu sudah bisa mengakses WP admin.


4.  Pasang Tema dan Template



Pertama kali NEO WordPress hanya akan mempunyai tema bawaan dari WordPress, dari sini kamu sudah bisa memilih tema sesuai keinginan. Setelahnya kamu bisa melakukan kustomisasi tema tersebut agar sesuai dengan keinginanmu. Untuk men-download tema, pada dashboard WP admin, cari sub menu Appreances dan klik Themes. Disini kamu bisa memilih tema yang kamu inginkan, untuk rekomendasi tema dari kami kamu bisa baca artikel berikut:

Baca juga: 7 Rekomendasi Tema WordPress Gratis! 

Lalu, untuk kemudahan membuat laman website bisa memanfaatkan plugin page builder yang berfungsi untuk membantu pembuatan laman website dengan mudah karena memiliki fitur drag and drop, untuk rekomendasi page builder yang bisa dipasang pada WordPress kamu bisa mengikuti rekomendasi berikut ini:

Baca juga: 5 Page Builder Website Terbaik untuk WordPress

5. Pasang Plugin



Selanjutnya tambahkan juga plugin yang dapat menambah kemampuan website. Terdapat beberapa plugin yang wajib kamu instal di WordPress milikmu yaitu plugin SEO, email, backup, caching dan lain-lain. Selain itu membangun website tidak bisa lepas dari yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. Dengan plugin SEO kamu bisa membuat website bisa tampil di pencarian Google.

Baca juga: 5 Plugin SEO Terbaik untuk Website Wordpress

Plugin bisa diinstall melalui sub menu Plugin pada dashboard WP admin. Setelah menemukan plugin yang diinginkan klik Install dan otomatis plugin sudah terpasang ke WordPress.

6. Pasang Fitur Keamanan di Website

Terakhir adalah menggunakan fitur keamanan untuk membuat website tidak gampang dibobol dan tidak terkena serangan siber. Salah satunya caranya adalah menggunakan protokol SSL pada website. Protokol SSL berguna untuk mengenkripsi setiap file maupun data yang dikirim dari server ke user. Proses enkripsi ini dapat menghambat pembajakan website karena setiap file berubah menjadi kode-kode yang sulit dipecahkan.

Layanan NEO WordPress sudah menyertakan protokol SSL ini di setiap pembelian. Selain itu kamu juga bisa menambahkan antivirus ke website agar terhindar dari serangan virus maupun malware. Menggunakan antivirus ini selain memberikan keamanan pada website juga memastikan pengunjung website juga bebas dari ancaman virus maupun malware yang mungkin akan menyerang perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses website.

Untuk mendapatkan keamanan tingkat lanjut kepada website kamu bisa mengikuti beberapa tips melalui tautan dibawah ini.

Baca juga: 9 Cara Meningkatkan Keamanan Website

7. Temukan Domain yang diinginkan


Pada layanan NEO WordPress sebenarnya kamu sudah mendapatkan domain sementara yang diberikan secara gratis di setiap pembelian walaupun domain yang diberikan adalah domain generated. Domain sendiri merupakan alamat URL yang akan diketik di pencarian browser dan memunculkan website tujuan. Terdapat berbagai macam ekstensi Domain seperti .com, .co.id, .id, .site, .xyz, .online, dan sebagainya. Menggunakan Domain seperti ini tentu saja bisa meningkatkan branding dan kredibilitas website itu sendiri.

Baca juga: Apa itu Domain, Fungsi dan Jenisnya

Jika kamu ingin memiliki domain pribadi yang lebih terlihat profesional untuk NEO WordPress kamu bisa mendapatkan beragam pilihan domain populer dengan ekstensi terlengkap melalui NEO Domain. Layanan NEO Domain sudah termasuk gratis NEO DNS, layanan managed DNS dengan teknologi DNS Anycast pertama di Indonesia. Anycast mampu memperkecil angka latensi serta meningkatkan uptime sehingga akses website bisa semakin cepat.


Untuk mendapatkan domain dapat dilakukan dengan cara yang sama yaitu masuk ke Portal Biznet Gio, kemudian cari sub menu Domain lalu klik NEO Domain, kemudian Register New Domain, lalu cari domain yang diinginkan. Setelah melakukan pembelian domain, kamu bisa mengganti domain pada NEO WordPress dengan mengikuti tutorial berikut:

Baca juga: Cara Kustomisasi Domain pada Layanan NEO Wordpress

8. Isi website dengan konten yang diinginkan

Pada tahapan ini website yang kamu miliki sudah siap diisi dengan beragam konten yang diinginkan. Untuk menambahkan postingan atau laman baru kamu bisa mengaksesnya melalui menu Page/Post, kemudian Add New


Siap Membuat Website Impian?

Tidak seribet yang kamu pikirkan bukan? Membuat website saat ini bisa dilakukan dengan gampang dan mudah tanpa perlu memahami coding. Hal yang perlu kamu ingat adalah kamu wajib menggunakan layanan hosting yang berkualitas dan bisa diandalkan, setelahnya, transformasi digital yang kamu inginkan bisa dengan mudah didapatkan.

Layanan terbaru dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress memberikan layanan hosting WordPress instan. Aplikasi WordPress dapat langsung digunakan hanya dalam waktu kurang dari 60 detik tanpa perlu repot setup hosting. Layanan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin praktis dan masih pemula tentang website dan awam tentang pengaturan server. Selain itu layanan ini juga dilengkapi fitur SSL, domain gratis, serta sumber daya komputasi dedicated yang bisa di-upgrade kapan saja untuk memastikan website memiliki performa super cepat. Layanan ini berjalan di cluster Kubernetes untuk pastikan website anti down karena gangguan pada level server.



Dapatkan NEO WordPress dengan harga cukup Rp50.000/bulan dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2 GB RAM dan 10 GB storage. Dapatkan NEO WordPress sekarang juga melalui Portal Biznet Gio. Untuk info lebih lanjut hubungi kami via live chat atau hubungi kami via email ke support@biznetgio.com.

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now