4 Software Virtualisasi Terbaik Untuk Membuat Mesin Virtual


Salah satu keunggulan dari NEO Metal adalah bisa menerapkan virtualisasi pada server fisik NEO Metal. Virtualisasi ini nantinya berguna untuk membuat Virtual Machine (VM) yang masing-masing bisa digunakan untuk fungsi berbeda.

Virtualisasi ini salah satunya bisa kamu lakukan jika memiliki layanan Bare Metal as a Service (BMaaS) dari Biznet Gio yaitu NEO Metal apalagi saat ini tersedia varian baru dengan GPU NVIDIA T4 pertama di Indonesia.

Melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa itu virtualisasi dan virtual machine, serta software apa saja yang bisa digunakan untuk membuat mesin virtual.

Apa Itu Mesin Virtual?

Virtual Machine atau mesin virtual adalah sebuah software atau program yang memiliki cara kerja sama seperti komputer yang biasa kita gunakan pada umumnya. Bedanya, mesin virtual ini bekerja di lingkungan virtual. Dengan virtual machine ini kita bisa memiliki banyak komputer pada satu perangkat keras.

Virtual Machine ini sendiri adalah salah satu dari kelebihan menggunakan layanan berbasis cloud dimana kamu bisa memiliki banyak komputer hanya dengan satu server. Dengan Mesin Virtual ini kamu bisa memasang sistem operasi yang berbeda, hingga program atau tugas yang berbeda.

Apa Itu Virtualisasi?

Pada dasarnya setiap server hanya bisa fokus untuk melaksanakan satu tugas tertentu. Nah, dengan menerapkan virtualisasi pada server kamu bisa mendapatkan beberapa komputer virtual tapi masih dalam satu server fisik yang sama. Virtualisasi bekerja dengan membagi-bagikan resource yang dimiliki sebuah server fisik untuk menjalankan tugas khusus. Karena berasal dari server fisik tentu saja komputer hasil virtualisasi bisa berjalan layaknya server fisik dan mampu mengemban kerja layaknya server fisik.

Kelebihan Virtualisasi

Keunggulan paling utama dari virtualisasi tentu saja untuk menghemat pengeluaran, dibanding dengan membeli banyak server untuk masing-masing kegunaan, kenapa tidak membeli satu server kemudian di virtualisasi untuk menjalankan tugas-tugas yang diinginkan. Berikut terdapat beberapa keuntungan menggunakan virtualisasi antara lain:

  • Memaksimalkan resource pada server karena belum tentu setiap resource yang kita miliki bisa terpakai sepenuhnya hanya untuk menjalankan satu tugas.
  • Virtualisasi dapat membagi workload ke beberapa server virtual dan semua server virtual ini mampu melakukan tugas khusus.
  • Mampu meningkatkan performa layanan atau aplikasi yang berjalan di atas virtual machine. Karena pada dasarnya server virtual tetap menggunakan resource yang sama dengan server fisik.
  • Mitigasi jika seandainya terjadi gangguan lebih mudah karena server virtual dapat dengan mudah di-migrasi ke server virtual lainnya dengan menggunakan software virtualisasi.
  • Efisiensi biaya karena tidak perlu membeli server fisik lain hanya untuk memberikan layanan atau aplikasi yang berbeda.

Jenis-jenis Software Virtualisasi

Berikut jenis-jenis dari software virtualisasi yang dapat digunakan untuk membuat virtual machine:

  1. Proxmox VE

    Proxmox VE adalah platform virtualisasi open-source yang bisa mengelola beberapa teknologi virtualisasi yaitu KVM (Kernel-based Virtual Machine) untuk mesin virtual dan LXC (Linux Container) yang merupakan teknologi virtualisasi berbasis kontainer. Kedua teknologi virtualisasi yang didukung Proxmox VE ini memiliki perbedaan, dimana KVM adalah virtualisasi penuh sedanglan LXC adalah teknologi virtualisasi yang lebih ringan dan efisien karena masih berbagi system host kernel.

    Proxmox VE juga memiliki tampilan grafis untuk memudahkan pengelolaan masing-masing perangkat virtual. Selain itu Proxmox VE juga termasuk built-in firewall untuk setiap cluster mesin virtual yang sekaligus untuk sekuritas per mesin virtual.
  2. Hyper-V

    Hyper-V adalah software virtualisasi dari Microsoft. Hyper-V adalah virtualisasi berbasis hypervisor dimana hypervisor bertindak sebagai perantara antara Hyper-V dengan perangkat keras. Hypervisor sering disebut juga sebagai Virtual Machine Manager.

    Hyper-V mengisolasikan beberapa spesifikasi dari perangkat keras ke dalam mesin virtual yang mampu menjalankan sistem operasi dan program sendiri. Saat ini pengguna sistem operasi Windows dari Windows 8, 8.1, 10, dan 11 dapat langsung menggunakan Hyper V yang telah terinstal secara otomatis pada setiap sistem operasi tersebut.
  3. VMware vSphere

    VMware adalah salah satu software virtualisasi paling populer di dunia. Pertama kali diluncurkan pada 1998. Saat ini VMware dimiliki oleh Dell Technologies. VMware menyediakan software untuk kebutuhan cloud dan virtualisasi.

    VMware melalui salah satu produknya yaitu VMware vSphere merupakan salah satu platform virtualisasi yang cukup populer. Platform ini membagi sumber daya pada data center menjadi infrastruktur komputasi terpisah yang mencakup sumber daya CPU, RAM, storage, dan network.

    Platform ini juga mudah dikelola karena sudah termasuk vCenter yang merupakan dashboard pengelolaan mesin virtual. VCenter juga memiliki tampilan user-friendly yang menyebabkan pengelolaan mesin virtual dapat dilakukan dengan mudah.
  4. OpenStack

    OpenStack merupakan platform menyeluruh untuk cloud computing yang dapat digunakan untuk manajemen sumber daya komputasi, penyimpanan, hingga jaringan. OpenStack juga merupakan platform yang bersifat open-source dan bisa digunakan secara gratis.

    Seperti Proxmox VE, OpenStack juga disertai dukungan ke beberapa teknologi virtualisasi berbasis Linux seperti KVM dan LXC, namun tidak seperti Proxmox yang menggunakan engine KVM secara default, sedangkan pada OpenStack dukungan KVM dapat diaktifkan melalui beberapa metode.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas virtualisasi dapat berfungsi untuk membagi resources pada server fisik sehingga mampu menjalankan beberapa mesin virtual pada satu server yang sama. Hal ini memberikan banyak keuntungan salah satunya yaitu efisiensi biaya dibanding membeli banyak server serta bisa menjalankan beragam komputasi sekaligus secara lebih optimal dengan menggunakan resource super cepat dari NEO Metal.

Rancang virtual machine di NEO Metal dengan hardware HPe ProLiant terbaru, prosesor Intel Xeon dan AMD EPYC dengan CPU hingga 128 core thread, RAM hingga 128 GB,  2x480 GB SSD Storage, serta opsi dengan GPU NVIDIA T4 pertama di Indonesia. Dapatkan NEO Metal sekarang juga dengan harga spesial mulai dari Rp2.999.000. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang!

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now