news image
news 12 Oktober 2022

Apa Itu Landing Page? Pengertian, Manfaat dan Tips Membuat Landing Page

Salah satu taktik marketing menggunakan website yang terbukti berhasil meningkatkan engagement adalah penggunaan landing page. Merasa familiar dengan landing page? Landing page sendiri merupakan sebuah halaman web yang memiliki tujuan khusus. Biasanya para pemilik website menggunakan landing page untuk menawarkan sebuah promo maupun diskon.

 

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman website yang digunakan untuk tujuan tertentu ditandai dengan satu atau dua tombol Call-to-action (CTA). Berbeda dengan homepage yang merupakan halaman perkenalan terhadap brand, memberitahu apa saja yang ditawarkan oleh website tersebut, dan tentunya memiliki banyak CTA. Landing page hanya menawarkan sebuah campaign baik itu berupa promo produk, product launching, dan lain sebagainya.

 

Landing page ditargetkan untuk mendatangkan lebih banyak traffic. Cara ini bisa menggunakan beberapa strategi seperti memaksimalkan penggunaan SEO off-page maupun on-page agar landing page bisa muncul lebih baik di SERP atau istilahnya mendatangkan organic traffic. Bisa juga meningkatkan traffic dengan pemanfaatan ads supaya website bisa tampil di pencarian paling atas mesin pencari.

 

Tipe-tipe Landing Page

Landing page ditujukan untuk sebuah campaign khusus. Berdasarkan fungsinya landing page dapat dibagi sebagai berikut,

 

  1. Lead Generating Landing Pages

    Lead generating landing pages adalah landing page yang ditujukan untuk mendatangkan lead, lead disini maksudnya adalah data pengunjung website. Nantinya data tersebut dapat digunakan untuk strategi marketing lanjutan. Data ini biasanya minimal berisi nama dan alamat email pengunjung. Lebih lanjutnya bisa berisi nomor telepon hingga nama akun sosial media.

  2. Click-Through Landing Pages

    Click-through landing pages adalah tipe landing page yang berisi promosi atau potongan harga terhadap sebuah produk atau layanan. Landing page ini bertujuan untuk mempersuasi pengunjung website untuk segera membeli produk yang ditawarkan.

  3. Explainer Landing Pages

    Explainer landing pages memiliki fungsi yang lebih terstruktur dibanding dua tipe diatas. Tipe ini biasanya lebih panjang dan mengandung banyak informasi. Explainer landing pages menampilkan manfaat dan fitur dari produk atau layanan yang berguna untuk mengedukasi pengunjung sekaligus mengikat pengunjung terhadap brand tersebut.

  4. Product Detail Landing Pages

    Product detail landing pages adalah landing page yang berisi informasi mendetail terhadap sebuah produk atau layanan. Biasanya product detail landing pages bermaksud untuk membuat pengunjung segera membeli sebuah produk secara langsung di laman tersebut.


 

 

Manfaat Menggunakan Landing Page

  1. Meningkatkan Traffic Website

    Manfaat pertama menggunakan landing page adalah meningkatkan traffic website. Pertambahan jumlah pengunjung website dapat membuat brand lebih dikenal dan lebih besar sekaligus meningkatkan engagement terhadap website

  2. Meningkatkan Conversion Rate

    Setiap pengunjung yang berkunjung ke landing page berpeluang untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Nah, semakin besar traffic ke landing page tentu akan memperbesar peluang tersebut.

  3. Mendapatkan Data Lead Pengunjung

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan landing page pemilik website bisa mendapatkan data lead seperti nama, alamat email, nomor telepon, hingga akun media sosial. Data lead ini bisa didapatkan juga jika pada laman landing page nya meminta data pengunjung.

  4. Media Promosi

    Landing page bisa dikatakan sebagai media promosi yang mudah digunakan. Landing page bisa diisi dengan promosi atau potongan harga. Apalagi landing page biasanya fokus terhadap sebuah produk jadi kamu bisa membuat promo yang lebih terfokus walaupun kamu memiliki banyak produk lainnya.

 

Cara Menggunakan Landing Page

  1. Menggunakan Media Sosial

    Pemanfaatan media sosial untuk mendatangkan organic traffic ke landing page dapat dilakukan dengan campaign promo di media sosial yang nantinya akan mengarahkan pengguna sosial media ke landing page tersebut. Strategi marketing menggunakan media sosial kemudian menautkan postingan tersebut ke landing page adalah salah satu strateginya.

  2. Menggunakan Iklan

    Cara kedua adalah cara yang bisa cukup instan karena menggunakan iklan berbayar. Istilah penggunaan iklan ini disebut pay-per-click advertisement (PPC). Pada iklan PPC pengiklan akan membayar setiap iklan mereka diklik. PPC banyak digunakan pada mesin pencari seperti Google atau Bing. Kamu tentu pernah melihat tulisan “iklan” pada pencarian teratas Google. Selain itu kamu bisa juga menggunakan iklan pada sosial media seperti Facebook atau Twitter.

 

Tips Membuat Landing Page

  • Gunakan Headline Yang Menarik

    Headline adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung karena itu berikan headline yang menarik, padat, dan jelas serta memberikan gambaran keseluruhan landing page.

  • Tuliskan Fitur dan Keunggulan Produk Atau Layanan yang Ditawarkan

    Jelaskan secara rinci apa produk yang kamu tawarkan beserta kelebihannya. Menuliskan hal ini akan membuat pengunjung lebih paham mengenai apa yang kamu tawarkan dan akan meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produkmu.

  • Masukkan Gambar atau Video

    Gambar atau Video secara tidak langsung akan menambah conversion rate, karena kebanyakan pengunjung akan melihat sesuatu yang menarik indra penglihatan terlebih dahulu sebelum membaca detail produk secara rinci.

  • Tuliskan Juga Testimoni Pelanggan

    Testimoni pelanggan ini berfungsi untuk meyakinkan pengunjung untuk membeli sebuah produk melalui pendapat orang-orang yang sebelumnya pernah membeli produk yang sedang ditawarkan.

  • Tambahkan Timestamp

    Timestamp disini maksudnya berikan jangka waktu berakhirnya promo yang kamu tawarkan pada landing page. Timestamp ini bisa berupa tanggal atau hitungan mundur. Ini berguna untuk meningkatkan awareness pengunjung jika ini adalah promo berbatas waktu.

  • Tombol CTA

    Terakhir, tambahkan tombol CTA yang mengarah langsung ke laman order produk sehingga pengunjung yang tertarik bisa langsung diarahkan untuk membeli produk tersebut.

 

Buat Landing Page dengan Mudah

Setelah mengetahui apa itu landing page serta manfaatnya, lalu bagaimana cara membuat landing page? Landing page dapat dibuat dengan mudah menggunakan WordPress, melalui WordPress kamu bisa membuat landing page menggunakan tema dan plugin dari WordPress baik itu gratis maupun berbayar. Untuk bisa mendapatkan layanan WordPress yang cepat dan aman kamu bisa menggunakan layanan NEO WordPress atau NEO Web Hosting dari Biznet Gio.

 

NEO WordPress merupakan layanan hosting WordPress instan dari Biznet Gio yang mampu meluncurkan aplikasi WordPress dalam waktu 60 detik tanpa repot setup hosting, dilengkapi dengan sumber daya terdedikasi (dedicated resources) seperti CPU dan RAM pada apps dan database, gratis domain, dan bandwidth besar tanpa kuota hingga 10 Gbps. Selain  itu NEO WordPress berjalan di cluster Kubernetes untuk pastikan website anti down di sisi server. Layanan NEO WordPress bisa didapatkan dengan harga Rp50.000/bulan.

 

Layanan NEO Web Hosting merupakan layanan hosting untuk penempatan dan mengelola website dari Biznet Gio, dilengkapi dengan gratis domain, SSD storage, dan cPanel untuk kemudahan mengelola website, selain itu NEO Web Hosting juga dilengkapi Litespeed Enterprise untuk mempercepat waktu load website. Layanan NEO Web Hosting bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp20.000/bulan.


Dapatkan NEO WordPress dan NEO Web Hosting sekarang melalui Portal Biznet Gio. Jangan lupa juga cek halaman Promo untuk mengetahui promo dan diskon produk Biznet Gio yang sedang berlangsung. Jika kamu masih memiliki pertanyaan silakan hubungi kami via live chat atau via email ke support@biznetgio.com.