news image
news 22 Maret 2024

Rich Snippet: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Hingga Cara Pasang

 

Salah satu cara untuk meningkatkan rangking halaman website pada mesin pencari adalah dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Nah, upaya untuk optimasi SEO bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan rich snippet.

 

Rich snippet sendiri biasa ditemukan di mesin pencari Google, dan biasanya berisi informasi selain judul, deskripsi maupun URL.

 

Bagi kamu yang sudah sering berselancar di internet, pasti sudah pernah melihat rich snippet namun belum memahami apa itu rich snippet.

 

Maka dari itu, yuk simak ulasan mengenai apa itu rich snippet, fungsi, kelebihan dan bagaimana cara memasangnya untuk meningkatkan skor SEO website.

 

Apa itu Rich Snippet?

Rich snippet adalah informasi yang berisi konten website dan ditampilkan di halaman mesin pencari. Biasanya tampilan informasi tersebut dapat membantu pengguna untuk lebih memahami produk atau konten yang sedang disajikan.

 

Dengan menambahkan rich snippet, mesin pencari seperti Google dapat lebih memahami dengan baik informasi yang ditampilkan oleh website.

 

Selain itu, dengan rich snippet, website juga bisa dimunculkan pada halaman SERP Google, dan lebih menarik secara visual.

 

Biasanya rich snippet ini digunakan untuk konten-konten seperti informational intent seperti, resep, biodata orang tertentu, dan lain sebagainya.

 

Fungsi Rich Snippet

Setelah memahami pengertian rich snippet, mungkin kamu penasaran dengan fungsi rich snippet ini bagi websitemu. Dalam penggunaannya, rich snippet bisa membuat tampilan hasil pencarian dari website lebih menarik. Biasanya terdapat cuplikan berupa gambar yang dapat menarik perhatian pengguna. Hal ini biasanya dimunculkan untuk konten resep.  

 

Selain itu, fungsi dari rich snippet juga memiliki fungsi untuk meningkatkan trafik website secara organik. Pasalnya, pengguna akan lebih tertarik jika hasil pencarian dilengkapi juga dengan review atau rating.

 

Dengan rich snippet kamu juga bisa meningkatkan click through rate (CTR) website, sehingga bisa meningkatkan peringkat website di SERP juga.

 

Kelebihan Menggunakan Rich Snippet

Menggunakan rich snippet juga tidak hanya untuk agar terlihat menarik di SERP, ada beberapa kelebihan memasang rich snippet yang bisa kamu jadikan pertimbangan:  

  1. Tampilan Pencarian Lebih Menarik

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memasang rich snippet dapat membuat tampilan website lebih menarik saat muncul di kolom pencarian.

    Rangkuman yang dilengkapi dengan rating/review, atau gambar bisa menarik perhatian audiens. Informasi yang disampaikan pun akan lebih terarah, relevan, singkat dan juga jelas.
     

  2. Tepat Menargetkan Konsumen

    Kelebihan berikutnya dengan rich snippet juga bisa menargetkan konsumen lebih tepat. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya click through rate (CTR) dari website tersebut.

    Sehingga, dengan begitu kamu bisa mengkampanyekan program sesuai dengan target, dan akan lebih efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan atau mendatangkan calon pelanggan baru.
     

  3. Memberikan informasi yang Lebih Detail

    Rich snippet memungkinkan pengguna mendapatkan informasi secara detail dalam waktu yang lebih singkat. Sebelum membuka link, pengguna akan tertarik dengan cuplikan review yang informatif, dan hal ini akan meningkatkan CTR dibandingkan konten biasa tanpa rich snippet.
     

  4. Memperkuat Kredibilitas dan Otoritas

    Menampilkan penilaian, ulasan, dan informasi tambahan lainnya dalam rich snippets dapat membantu memperkuat kredibilitas dan otoritas website di mata pengguna. Pengguna cenderung lebih percaya pada situs yang menampilkan informasi tambahan yang relevan dan terpercaya.
     

  5. Meningkatkan Kepuasan Pengguna

    Informasi tambahan yang disediakan oleh rich snippets memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang konten yang mereka temukan dalam hasil pencarian. Dengan begitu, dapat meningkatkan kepuasan pengguna dengan pengalaman pencarian mereka. 

 

Cara Memasang Rich Snippet

Jika ingin memasang rich snippet, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti, melalui schema markup di Google Search Console, memasang kode JSON-LD, atau memakai verifikasi Structured Data Testing Tool.

 

Nah, untuk kali ini kami akan menggunakan cara dengan schema markup dengan plugin WordPress.

 

Cara ini juga paling banyak digunakan oleh developer. Tanpa berlama-lama, yuk ikuti langkah-langkah memasang rich snippet di WordPress berikut ini.

 

  1. Instal dan Aktifkan Plugin

    Langkah pertama adalah login pada dashboard WordPress, kemudian klik plugins dan add new. Lalu, cari plugin dengan kata kunci All in One Schema Rich Snippets, lalu tekan enter.

    Aktifkan plugin dengan mengklik tombol Install Now, dan kemudian klik tombol Activate. Tunggu beberapa saat dan plugin sudah terinstall pada WordPress milikmu.
     

  2. Atur Plugin

    Setelah terinstall, ada beberapa hal yang harus diatur yaitu, nama data yang ditampilkan, tampilan warna, dan pengaturan WooCommerce. Untuk mulai mengaturnya, kamu bisa pilih tab Configuration.

    Ada beberapa jenis schema yang bisa kamu pilih diantaranya, review, event, services, person, product, video, articles, recipe, dan software application.

    Kemudian atur pada tab customization. Bagian ini kamu bisa mengatur tampilan warna, dan ringkasan konten yang biasanya muncul di bagian bawah post.

    Nah, jika kamu menggunakan WooCommerce, kamu bisa mengaturnya di bagian kanan dashboard plugin. Lalu, berikan tanda centang dan klik update.
     

  3. Konfigurasi Post

    Langkah terakhir untuk memasang rich snippet adalah menambahkan post yang diinginkan. Untuk mengaturnya kamu bisa klik Configure Rich Snippet. Kemudian isi kolom sesuai dengan data yang diperlukan.

    Kamu akan melihat ringkasan soal snippet yang berisi reviewer, review data, rating dan lain sebagainya. Jika sudah sesuai dengan data yang diinginkan kamu bisa menyimpan perubahannya.

 

Optimasi Website dengan Rich Snippet dan WordPress!

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas, kamu bisa memantau performa rich snippet website secara berkala.

 

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan SEO On-page untuk Website

 

Itulah ulasan rich snippet mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan cara pasangnya. Menggunakan rich snippet terbukti bisa meningkatkan performa SEO.

 

Selain rich snippet, kamu bisa meningkatkan performa websitemu mulai dari layanan hosting WordPress terbaik. Pastikan hosting WordPress yang kamu miliki sudah memiliki fasilitas terbaik dan aman seperti, NEO WordPress.

 

Dengan berlangganan NEO WordPress kamu bisa menikmati beberapa keuntungan lainnya seperti: 

 

  1. Website yang selalu on dengan automasi kubernetes, dijamin terhindar dari gangguan pada level server.  
  2. Skalabilitas seamless dan tanpa downtime. 
  3. Fasilitas lengkap mulai dari domain (otomatis), SSL, bandwidth gratis, dan dukungan integrasi domain.  
  4. Gratis AI web builder untuk membuat konten website.  
  5. Dukungan website assistant yang siap membantumu.  
  6. Dengan cache built in dan source fleksibel memungkinkan website siap tampung berapapun jumlah visitornya.  

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com