news image
news 4 Agustus 2022

Layaknya domain yang berfungsi sebagai alamat suatu website agar mudah diakses. Subdomain juga berperan dalam menunjukkan halaman tertentu dalam suatu website, biasanya sebagai akses menuju halaman pendukung dari website utama. Contoh sederhana untuk menggambarkan apa itu subdomain yaitu, jika website utama sebuah bisnis adalah abc.com, subdomain bisa digunakan untuk membuat halaman atau situs member.abc.com sebagai halaman khusus anggota di bawah bisnis ABC. Kendati demikian, peruntukannya sebenarnya bisa lebih luas dari pada itu.

Dari situ, subdomain dapat dikatakan sebagai tools yang dapat membagi halaman website. Penggunaan subdomain sangat penting jika pengguna memiliki website bisnis dengan konten yang beragam, dan target untuk dapat mencapai peringkat SEO pada halaman pencariannya.

Pengertian dan Fungsi Subdomain

Subdomain adalah jenis ekstensi domain yang umumnya terletak di depan domain utama dan berfungsi untuk menunjukkan halaman dengan konten lain di dalam sebuah website. Dengan subdomain, pengguna juga dapat mengalihkan pengunjung ke alamat web yang benar-benar berbeda. Misalnya, halaman docs.google.com ataupun drive.google.com merupakan subdomain dari google.com sebagai domain utamanya. Kedua halaman tersebut memiliki fungsi yang berbeda namun tetap berada di bawah satu nama website yaitu Google. Subdomain biasa digunakan agar tiap konten di dalam website tidak tercampur dengan konten lainnya.

Akan tetapi, cukup banyak pihak yang seringkali tertukar antara pengertian subdomain dengan subfolder atau yang lebih dikenal dengan istilah subdirektori. Padahal keduanya memiliki tujuan, fungsi, bahkan struktur URL yang berbeda. Jika struktur URL pada subdirektori ialah biznetgio.com/product/dedicated-hosting, maka URL pada subdomain yaitu plesk.biznetgio.com/dedicated-hosting.

Walaupun keduanya sama-sama berfungsi untuk membagi jumlah halaman pada website, namun pemakaian subdomain dan subdirektori dibedakan untuk keperluan SEO yang berlaku. Penggunaan subdomain sama saja dengan menambah atau membuat domain baru, yang jika semakin banyak dilakukan akan menambah jumlah awareness pada website yang dikembangkan. Bayangkan saja, jika seseorang memiliki jumlah subdomain yang cukup beragam, maka nama domain pada alamat website akan semakin dikenal oleh banyak pengunjung. Sedangkan penggunaan subdirektori ibarat membuat folder baru di dalam website.

Atas pertimbangan tersebut, tidak jarang pihak yang pada akhirnya memilih untuk memperbanyak penggunaan subdomain untuk keperluan awareness, baik untuk website ataupun skala yang lebih luas yaitu mendapatkan eksistensi perusahaan.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan beberapa fungsi subdomain, antara lain:

  • Membagi halaman website dengan konten atau kategori yang berbeda.
  • Membuat website dengan bahasa yang berbeda.
  • Mengelompokkan halaman website berdasarkan cakupan daerah ataupun negara.
  • Membuat website dengan tampilan tertentu.

Contoh Penggunaan Subdomain

Melihat fungsi dan keutamaan subdomain yang cukup memiliki dampak positif terhadap peringkat SEO, maka penggunaan subdomain dikelompokkan berdasarkan tujuan/konten/topik yang akan dibahas pada halaman tersebut. Beberapa penggunaan subdomain yang sering dijumpai, antara lain:

  • Variasi Produk 
    Subdomain umum digunakan untuk membagi halaman website ke dalam jenis konten yang berbeda, hal ini dilakukan agar tidak terdapat gangguan pada konten utama. Salah satu contoh penggunaannya yaitu pada website berita. Biasanya website berita yang mengandung beragam jenis topik ini, akan dipisahkan berdasarkan jenis topiknya dengan menggunakan subdomain. Misalnya, finance.detik.com yang merujuk pada konten ekonomi dan keuangan, hot.detik.com yang membahas topik terhangat selebriti, hingga oto.detik.com yang mengupas persoalan otomotif.

  • Promo 
    Informasi perihal promo biasanya juga akan dibuatkan page terpisah dari halaman utama pada website. Selain bertujuan untuk meningkatkan rank SEO pada laman pencarian Google, pembuatan subdomain khusus promo juga akan menunjukkan citra yang lebih eksklusif terhadap suatu brand.

  • Website dengan Tampilan Platform Berbeda
    Penggunaan subdomain berikutnya biasa diimplementasikan pada pembuatan tampilan website yang user friendly, dalam hal ini yaitu tampilan website pada layar mobile phone. Tentu akan sangat mengganggu jika kita mengakses website pada ponsel kita yang tidak mobile friendly. Tampilan website akan menjadi berantakan bahkan mungkin tidak bisa dibaca. Oleh karena itu, beberapa perusahaan yang peduli akan tampilan dan respon masyarakat terhadap citra perusahaan, akan membuat satu alamat website lain dengan subdomain yang dibuat khusus untuk mobile friendly. Misalnya, m.youtube.com dan mobile.twitter.com.

  • Pendaftaran Akun Membership
    Umumnya pada website e-commerce, sebelum kita bisa melakukan pembelian pada produk, kita akan diminta untuk membuat akun pada website dengan tujuan untuk mengkonfirmasi keaslian identitas pembeli. Biasanya, pemilik website ataupun produk tersebut akan membuat page baru dengan subdomain tambahan seperti portal.biznetgio.com yang merupakan existing domain dari biznetgio.com. Hal ini biasa dilakukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik dalam hal melakukan transaksi sekaligus mengumpulkan database pengguna untuk si pemilik website.

  • Event
    Beberapa perusahaan juga menggunakan subdomain untuk keperluan kegiatan eksternal perusahaan seperti event. Misalnya event.tempo.co yang menyajikan informasi kegiatan ataupun acara yang dapat dikunjungi oleh pelanggan setia Tempo.  

Cara Membuat Subdomain

Untuk dapat memiliki subdomain pada website, hal pertama yang harus dilakukan yakni memiliki layanan hosting. Pengguna bisa memilih jenis hosting sesuai yang dibutuhkan, Biznet Gio melalui layanan NEO Dedicated Hosting ataupun NEO Web Hosting sudah termasuk lisensi control panel untuk kemudahan mengelola website termasuk untuk membuat Subdomain. NEO Dedicated Hosting dilengkapi lisensi Plesk sedangkan NEO Web Hosting dilengkapi lisensi cPanel. Kedua layanan ini bisa di pilih dan beli di Portal Biznet Gio.

Cara Membuat Subdomain di Plesk

Setelah memiliki NEO Dedicated Hosting, pengguna akan diberikan akses ke Plesk untuk dapat mengelola dan mengatur laman website dalam satu dashboard. Berikut cara menambahkan sub domain melalui Plesk.

  1. Login pada halaman Plesk. Masukkan kredensial yang kamu miliki.

  2. Pada menu Website & Domain, klik Add Subdomain

  3. Masukkan nama subdomain yang diinginkan.

    Pada halaman ini, pilih dan masukkan nama dan subdomain sesuai yang diinginkan. Beberapa informasi yang harus diisi yaitu:
    Subdomain name: Pada bagian pertama isi dengan ekstensi subdomain yang ingin digunakan. E.g: docs. , blog. , event., atau nama subdomain konten lain yang sesuai kebutuhan. Pada bagian kedua isi dengan nama domain yang ingin ditambahkan subdomain
    Document Root: Penggunan melihat letak file dokumen yang terisi secara otomatis pada kolom ini.

  4. Klik “OK”, dan selesai. Kini halaman subdomain sudah bisa diisi dengan berbagai macam konten sesuai dengan hal yang ingin dibutuhkan.

  5. Catatan tambahan, jika subdomain yang dimasukkan salah atau ingin dihapus cari sub menu Remove Subdomain pada menu Website & Domain kemudian klik OK.

Cara Membuat Subdomain di cPanel

Dengan memiliki NEO Web hosting, pengguna akan diberikan akses cPanel untuk dapat mengelola dan mengatur laman website. Di dalam cPanel inilah pengguna bisa menambah subdomain ataupun add-on domains sesuai keinginan.

  1. Login pada halaman cPanel.

  2. Pilih menu Subdomains. Setelah berhasil login di cPanel, pilih menu subdomains pada tab domain.

  3. Masukkan nama subdomain yang diinginkan.

    Pada halaman ini, pilih dan masukkan nama dan subdomain sesuai yang diinginkan. Beberapa informasi yang harus diisi yaitu: 
    Subdomain: Masukkan nama ekstensi subdomain yang ingin digunakan. Ex: blog. , event., atau nama subdomain konten lain yang sesuai dengan kebutuhan.Domain: Pilih alamat domain yang akan ditambahkan subdomain.
    Document Root: Penggunan melihat letak file dokumen yang terisi secara otomatis pada kolom ini.

  4. Klik “create”, dan selesai. Kini halaman subdomain sudah bisa diisi dengan berbagai macam konten sesuai dengan hal yang ingin dibutuhkan.

  5. Catatan tambahan, jika subdomain yang dimasukkan salah atau ingin dihapus karena sudah masuk masa expired, pengguna bisa menghapusnya dengan cara klik “Remove” di barisan subdomain yang ingin dihapus.

Subdomain Membuat Website Lebih Variatif

Penggunaan subdomain menjadi pilihan yang tepat jika pengguna ingin menambah jumlah konten di luar konten utama pada website sekaligus meningkatkan awareness dan peringkat SEO pada halaman pencarian Google. Namun, penggunaan berbagai macam subdomain untuk membagi halaman website tetap tidak akan maksimal bila hosting yang digunakan tidak mendukung dari segi performa.

Untuk itu, pastikan pengguna telah memilih dan menggunakan layanan hosting yang andal dengan performa optimal seperti NEO Dedicated Hosting dan NEO Web Hosting dari Biznet Gio. NEO Dedicated Hosting merupakan layanan hosting premium dengan sumber daya terdedikasi dan siap tampung traffic tinggi sedangkan NEO Web hosting adalah layanan hosting serba free dan unlimited dengan jaringan anti lelet, gratis domain, dan gratis bandwidth up to 10 Gbps.

Baca juga: Apa Itu DNS, Fungsi dan Cara Kerjanya


Perihal kebutuhan domain juga tidak perlu khawatir, karena Biznet Gio juga menyediakan layanan NEO Domain, layanan ini menawarkan berbagai pilihan domain lengkap, mulai dari gTLD seperti .com, .org hingga ccTLD indonesia yaitu .id dengan harga terbaik. Untuk setiap pembelian domain melalui Portal Biznet Gio kamu juga akan mendapatkan gratis NEO DNS, layanan managed DNS dengan teknologi DNS Anycast pertama di Indonesia. Anycast mampu memperkecil angka latensi serta meningkatkan uptime sehingga akses website bisa semakin cepat. NEO DNS bisa langsung digunakan gratis hingga 10 record, kamu juga bisa upgrade ke NEO DNS Pro untuk mendapatkan unlimited record dengan harga Rp25.000/bulan. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com