news image
news 6 November 2023

5 Manfaat Cloud Computing Untuk Bisnis

Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan inti dari manusia modern. Tidak terkecuali bisnis, internet menjadi salah satu kesempatan bagi bisnis untuk berkembang lebih cepat. Salah satu jenis penggunaan teknologi digital yang dapat mengakselerasi bisnis yaitu cloud computing. Lantas apa sih manfaat cloud computing di dunia bisnis itu?

 

Mengenal Apa Itu Cloud Computing

Komputasi awan atau cloud computing adalah kolaborasi teknologi komputer dengan jaringan berbasis internet. Manfaat cloud computing telah menjadikan internet menjadi pusat data penyimpanan bagi para pengguna internet.

 

Cloud computing adalah teknologi yang menyediakan sumber daya komputasi, seperti server, penyimpanan data, database, jaringan, dan perangkat lunak, melalui internet. Sumber daya ini dapat diakses dan digunakan kapan pun dan di mana pun, selama pengguna terhubung ke internet.

 

Baca juga: Jenis-jenis Cloud Computing dan Manfaatnya untuk Bisnis

 

Berkaitan dengan bisnis, keberadaan cloud computing ternyata juga sangat bermanfaat. Salah satu manfaat cloud computing di dunia bisnis adalah pusat penyimpanan ragam data serta informasi yang berkaitan dengan bisnis.

 

Cara Kerja dari Cloud Computing

Sistem kerja dari cloud computing mendasarkan pada penggunaan teknologi internet. Ketika pengguna cloud computing menggunakan data informasi atau data aplikasi maka semua data tersebut akan diunggah ke cloud.

 

Letak dari server cloud sendiri ada di data center yang memiliki sistem perlindungan keamanan yang canggih semacam firewall atau enkripsi. Keamanan server ini adalah untuk menjaga integritas, ketersediaan, serta kerahasiaan data yang telah tersimpan di dalam jaringan.

 

Penyedia layanan cloud akan memberikan akses ke server dengan sumber daya yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Kemudian pengguna dapat membuat sistem, aplikasi, atau website yang baru, maupun memigrasikan mereka dari sistem on-premise.

 

Keuntungan & Kekurangan Cloud Computing

Meski tak terbantahkan ada banyak manfaat cloud computing, akan tetapi tetap saja teknologi komputasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

  1. Keuntungan Cloud Computing

    Berikut beberapa manfaat cloud computing:

    • Memiliki sistem yang fleksibel dengan biaya relatif terjangkau jika dibanding pengadaan infrastruktur secara mandiri.
    • Pengguna bisa melakukan akses ke sistem cloud kapan saja dan dari mana saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.
    • Jaminan sistem keamanan data yang baik karena penyedia layanan cloud biasanya memiliki beberapa sertifikasi dan layanan yang menunjang keamanan seperti backup dan disaster recovery center.

       
  2. Kekurangan Cloud Computing

    Meski memiliki manfaat cloud computing, namun terdapat juga kekurangan dari pemanfaatan sistem ini. Salah satu yang paling cepat dirasakan adalah pembatasan bandwidth. Pada beberapa penyedia layanan cloud biasanya terdapat pembatasan kapasitas bandwidth. Konsekuensinya pengguna yang membutuhkan bandwidth lebih besar harus mengeluarkan biaya tambahan.

 

Contoh Penggunaan Cloud Computing

Pada dasarnya, penerapan dan manfaat cloud computing di Indonesia dapat mencakup pada berbagai lini bisnis dan industri. Baik seperti kesehatan, pendidikan, pariwisata, pemerintahan, perbankan, dan masih banyak lagi.

Dengan penggunaan layanan cloud computing maka hambatan yang sering terjadi pada proses transfer data yang berasal dari sistem terpusat dan on-premise dapat dihindari. Selain itu di penerapan cloud computing dapat mengefisienkan sistem operasional bisnis agar efektif dan maksimal.

 

Manfaat dari Penerapan Sistem Cloud Computing Pada Bisnis

Dari paparan di atas maka dipahami jika manfaat teknologi cloud computing sangat luas dan cocok untuk semua industri mulai dari individu, UMKM, hingga korporat. Berikut adalah pemanfaatan penerapan sistem cloud computing.

 

  1. Mendapatkan Kapasitas Penyimpanan Super Besar

    Fungsi dan manfaat cloud computing bagi bisnis yang pertama adalah sebagai wadah penyimpanan ragam data serta informasi. Data-data sistem, aplikasi, database, maupun data cadangan tentunya membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar. Dengan memanfaatkan cloud computing, bisnis akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas sehingga bisa menampung data seiring dengan perkembangan bisnis itu sendiri.

     

  2. Penyimpanan Data Lebih Aman

    Manfaat internet cloud computing bagi bisnis yang selanjutnya adalah terjaminnya keamanan data yang disimpan. Hal tersebut karena pihak penyedia layanan cloud menggunakan sistem keamanan berbasis teknologi tinggi yang sudah tersertifikasi dan diakui secara internasional.

     

    Sistem layanan cloud juga memiliki jaminan platform, jaminan data pribadi serta jaminan keamanan lainnya. Selain itu sistem penyimpanan datanya juga terpusat pada data center yang biasanya sudah memiliki fitur-fitur unggulan seperti bangunan data center yang tahan bencana hingga sumber daya listrik yang memadai sehingga layanan bisa diakses setiap saat.

     

  3. Fleksibel Untuk Digunakan

    Layanan cloud computing menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas tinggi. Ini memungkinkan sumber daya pada layanan cloud bisa ditambah dan dikurangi seiring dengan perjalanan bisnis. Ini juga akan memberikan fleksibilitas tinggi karena sumber daya bisa diakses dari mana pun dan bisa dikombinasikan dengan berbagai teknologi lain untuk menunjang kapabilitas cloud.

     

    Penggunaan cloud computing juga memastikan sistem, aplikasi, maupun website yang berjalan memiliki ketersediaan tinggi. Ini akan memastikan layanan bisa diakses setiap saat tanpa ada kendala downtime.

     

  4. Lebih Hemat Biaya

    Ini keunggulan yang paling mudah dirasakan oleh orang-orang yang beralih pada cloud computing. Penggunaan cloud computing dapat meminimalisir beban biaya infrastruktur yang harus disediakan, biaya untuk merawatnya, dan biaya untuk meningkatkan kapasitas layanan. Dengan demikian perusahaan dapat lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dan sedangkan untuk infrastruktur IT menggunakan layanan cloud computing

 

Cloud Computing, Akselerasikan Bisnis

Sekian artikel kali ini mengenai 5 manfaat cloud computing untuk bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan, cloud computing merupakan solusi efektif yang lebih aman, fleksibel, memiliki performa tinggi, sekaligus jauh lebih hemat dibanding pengadaan infrastruktur secara mandiri. Namun, perlu diperhatikan juga jenis cloud yang sesuai dengan kebutuhanmu. Konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan cloud kamu sebelum memilih jenis cloud yang tepat. 

 

Biznet Gio sebagai penyedia layanan cloud terintegrasi menyediakan berbagai macam layanan cloud baik untuk kelas enterprise, retail, hingga individu. Biznet Gio juga menyediakan layanan konsultasi bagi kamu yang ingin beralih ke cloud namun belum tahu pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. Konsultasikan semua kebutuhan cloud-mu bersama Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email ke sales@biznetgio.com maupun fitur live chat melalui website kami.