news image
news 3 Januari 2024

Rekomendasi 7 Plugin Related Post WordPress Terbaik untuk Diinstal

Salah satu bagian di website yang penting adalah artikel atau blog. Tidak hanya penting, artikel atau blog juga menjadi salah satu cara agar visitor betah berlama-lama mengunjungi website. Lantas, bagaimana membuat visitor betah? Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin related post.

 

Oleh sebab itu, kamu membutuhkan plugin related post terbaik untuk memaksimal tautan postingan di blog websitemu, apalagi jika kamu menggunakan WordPress. Dengan adanya plugin ini, kamu  bisa memaksimalkan pengalaman audiens agar lebih berminat untuk berlama-lama di websitemu.

 

Saat ini, sudah banyak tersedia plugin related post terbaik dan recomended yang bisa kamu pasang. Banyaknya pilihan plugin, tentunya akan membuat bingung memilih. Maka dari itu, yuk simak selengkapnya dalam artikel ini yang akan merekomendasikan 7 plugin related post terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website milikmu.

 

Apa itu Plugin Related Post WordPress?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rekomendasi plugin related post terbaik, ada baiknya untuk memahami dulu, apa itu plugin related post WordPress? Plugin related post adalah plugin yang berfungsi untuk menampilkan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca atau dibuka.

 

Biasanya para blogger juga menggunakan plugin ini untuk mencantumkan artikel lainnya, atau di tengah-tengah artikel. Tentunya, fitur dari plugin related post menjadi hal yang penting untuk dipasang di website, supaya memudahkan untuk merekomendasikan atau navigasi pengunjung yang ingin membaca artikel lainnya yang saling berhubungan.

 

Dengan begitu, pengunjung akan betah berlama-lama berada di website, dan akan meningkatkan view page blog tersebut.

 

Fungsi Plugin Related Post

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fungsi related post adalah utnuk menampilkan artikel terkait dengan artikel pada halaman yang sedang dibuka. Selain itu, berikut beberapa fungsi related post lainnya.

  1. Meminimalisir dan mengurangi skor bounce rate pada halaman website.
  2. Memperlama  time on page
  3. Bisa digunakan untuk optimasi SEO
  4. Meningkatkan ranking konten di halaman SERP Google
  5. Meningkakan pageviews dan bagus untuk adsense penjualan produk.

 

7 Plugin Related Post WordPress terbaik

Plugin related post WordPress terbaik biasanya memiliki beberapa kriteria diantaranya, selalu ada update dari developer, sudah memiliki pengguna yang banyak, memiliki banyak review positif dan lain sebagainya. Tanpa berlama-lama, berikut rekomendasi plugin related post WordPress terbaik yang bisa jadi pilihanmu untuk dipasang.

 

  1. Plugin WordPress Related Posts

    Rekomendasi pertama adalah plugin dari WordPress sendiri yaitu, Plugin WordPress Related Posts. Plugin ini menjadi salah satu plugin yang recommended karena bisa menampilkan artikel berhubungan yang menarik, bisa ditampilkan dalam bentuk gambar maupun teks.

    Selain itu, cara instalasinya pun cukup mudah. Kamu cukup menentukan artikel apa yang ingin ditampilkan, berapa jumlah link, dan apakah artikel ingin ditampilkan dalam bentuk teks atau gambar saja. Kemudian, untuk menentukan posisi link artikel, kamu hanya perlu memasukkan kode khusus pada single.php pada theme WordPress.
     

  2. Yet Another Related Post Plugin (YARPP)

    Jika kamu ingin meningkatkan 10% pageviews di halaman website, maka Yet Another Related Post Plugin menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, plugin ini dikembangkan dengan banyak kelebihan fitur khususnya related post dengan jaminan dapat meningkatkan pageviews 10% setelah plugin terinstal.

    Lebih lanjut, plugin ini juga sudah menjadi plugin yang banyak diminati oleh para blogger sejak 2008, dan tercatat sudah memiliki review positif dengan rata-rata hampir bintang 5.

    Namun, kekurangan dari plugin YARP ini jika situs besar, akan beresiko plugin ini memakan resource yang cukup besar. Untuk mengatasinya kamu cukup perlu memonitor cache, status throttle, dan lain sebagainya.
     

  3. Contextual Related Post

    Rekomendasi berikutnya ada Contextual Related Post. Plugin ini berfungsi menampilkan beberapa konten yang terkait dengan konten utama serta didasarkan pada judul dan isi konten utama. Dengan begitu, artikel yang berhubungan akan relevan dengan pembaca.

    Selain itu, plugin juga dilengkapi fitur seperti, thumbnail, customize tampilan, custom CSS dan widget. Tidak kalah dengan plugin lainnya, Contextual Related Post sudah digunakan lebih dari 80 ribu pengguna aktif dengan rating positif hampir bintang 5.
     

  4. Inline Related Post

    Salah satu tips memilih plugin related post WordPress terbaik adalah memiliki rating bagus. Nah, kamu bisa memilih Inline Related Post yang sudah memiliki 60 ribu pengguna aktif, dan rating bintang 4.5. Tidak hanya meningkatkan pageviews, plugin ini juga dapat meningkatkan engagement, sehingga dapat mengurangi skor bounce rate.

    Plugin Inline Related Post juga mengklaim dapat menaikkan pageviews website hingga 99% dari performa sebelumnya. Kelebihan plugin ini adalah fiturnya yang bisa memasang related post pada jeda kalimat dalam artikel agar lebih relate kepada pembaca.
     

  5. Shareaholic

    Shareaholic adalah plugin relate post WordPress yang juga dapat menambahkan selain related post yaitu, social media share, penempatan iklan, dan analytic.

    Berbeda dengan plugin sebelumnya, Shareaholic diklaim menjadi plugin related post yang ramah, ringan dan bagus untuk SEO. Penasaran dengan cara kerjanya? Kamu bisa langsung download dan instal pada website.
     

  6. Related Post Thumbnail Plugin for WordPress

    Rekomendasi selanjutnya adalah plugin Related Post Thumbnail Plugin for WordPress. Plugin ini dapat menampilkan konten yang related atau berhubungan dengan thumbnail yang menarik.

    Thumbnail yang ditampilkan pun bisa diatur sesuai dengan ukuran, pengaturan tampilan, dan tipe related post yang akan di posting. Kelebihannya, plugin ini juga bisa merekomendasikan thumbnail related post yang sesuai dengan isi konten.
     

  7. Similar Post

    Bagi pengguna WordPress tentunya plugin satu ini tidak asing lagi. Plugin Similar Post akan menampilkan daftar konten atau artikel yang mirip atau berhubungan secara otomatis berdasarkan judul, isi konten, serta tag yang digunakan.

    Plugin ini juga bisa dikustomisasi tampilan dan layout sesuai dengan keinginan. Tidak perlu bingung, karena plugin ini akan merekomendasikan 30 pilihan tampilan related post yang bisa kamu pilih salah satunya untuk website maupun blog.

 

Baca juga: 5 Plugin Post Views dan Pentingnya Untuk Website

 

Miliki website dengan mudah!  

Itu lah 7 rekomendasi plugin Related Post WordPress terbaik yang bisa diinstall untuk memaksimalkan serta meningkatkan page views halaman websitemu. Selain plugin related post ada banyak plugin WordPress lain yang dapat memaksimalkan kinerja websitemu. Namun, sebelum bingung memilih plugin, ada baiknya mulai rancang dan bangun website impianmu dari sekarang.

 

Bingung memulai bikin website dengan WordPress darimana? Percayakan dengan  NEO WordPress. Dengan harga terjangkau dan pengelolaan server anti ribet.

 

Dengan harga mulai dari 50 ribu per bulan kamu sudah bisa memiliki website, dan juga keuntungan lain seperti:

  • Website yang aman dan terhindar dari gangguan di level server karena automasi Kubernetes.
  • Website pasti memiliki performa tercepat tanpa downtime.
  • Free AI Web builder dengan text generator berbasis Chat-GPT.
  • Mampu menampung jutaan visitor visitornya dengan cache built-in dan sumber daya fleksibel. 
  • Dilengkapi dengan fasilitas lain seperti, SSL, WordPress terbaru, bandwidth gratis, dan domain pilihan. 
  • Dipermudah dengan adanya website assistant yang siap membantu dengan berbagai tugas.
     

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com