news image
news 11 Maret 2024

10 Plugin Translate WordPress Terbaik untuk Website

 

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan oleh para pengembang web. Hal ini dikarenakan WordPress memiliki banyak pilihan plugin yang dapat memaksimalkan kinerja website, salah satunya adalah plugin translate WordPress.

 

Dengan adanya plugin ini, maka sangat membantu bagi pemilik bisnis untuk memperluas jangkauan pelanggan hingga berbeda bahasa. Maka dari itu, menggunakan plugin translate WordPress dapat membantu pengunjung atau calon pelanggan yang berbeda bahasa untuk menerjemahkan website.

 

Meskipun, di dalam CMS WordPress kamu bisa membuat terjemahan manual, hal ini dirasa cukup menguras waktu dan tidak efektif. Maka, dengan penggunaan plugin ini kamu bisa lebih efisien dalam menerjemahkan.

 

Lalu, plugin translate seperti apa yang recommended untuk diinstall pada WordPress? Yuk, simak artikel ini sampai akhir, karena kami akan merekomendasikan plugin translate WordPress terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. 

 

Apa Pentingnya Memiliki Website Multibahasa?

Sebelumnya sudah disinggung sedikit mengenai pentingnya website multibahasa. Salah satunya adalah menjangkau target yang lebih luas. Selain itu ada beberapa keuntungan lainnya jika memiliki website dengan multilingual, diantaranya:  

 

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

    Dengan memiliki website multilingual kamu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebab, sebagian besar orang mungkin ragu untuk membeli atau menggunakan jasa pada website yang berbahasa asing.

    Dengan plugin translate WordPress, pelanggan dapat memahami isi konten website dengan baik. Selain itu, konsumen juga akan merasa percaya dengan konten berbahasa sehari-hari mereka.
     

  2. Meningkatkan Penjualan

    Jika sudah menjangkau pelanggan yang lebih luas, maka bukan tidak mungkin jika bisnis juga dapat meningkatkan penjualan dari website. Tidak hanya lokal, tetapi juga dapat menjangkau konsumen mancanegara.  

 

Plugin Translate WordPress Terbaik

Ada beberapa pilihan plugin translate WordPress terbaik dan recommended, sehingga bisa kamu jadikan referensi untuk website. Berikut beberapa pilihannya:

 

  1. Loco Translate

    Rekomendasi plugin translate WordPress terbaik adalah Loco Translate. Plugin ini sudah banyak digunakan oleh pengembang website, cukup populer dengan review nyaris sempurna yaitu, bintang lima.

    Untuk menggunakannya pun cukup mudah, Loco Translate terintegrasi langsung dengan terjemahan secara otomatis, sehingga akan otomatis menerjemahkan banyak bahasa pada browser. Selain menerjemahkan, Loco Translate juga memiliki fitur menarik lainnya seperti, update file bahasa, integrasi API terjemahan, WP admin editor, keyboard shortcut dan lain sebagainya.

    Jika kamu ingin menggunakan plugin ini, kamu tidak perlu membayar apapun alias gratis. Namun, jika kamu ingin menggunakan fitur berbayar kamu perlu merogoh kocek mulai dari US$ 5.9 per bulannya.
     

  2. Google Language Translator

    Plugin translate WordPress yang dikembangkan oleh Google ini bisa kamu jadikan referensi untuk websitemu. Google Language Translate juga dinilai translator yang ringan, dan sudah banyak digunakan oleh ratusan ribu pengembang website.

    Kelebihan dari plugin ini adalah sudah terintegrasi dengan layanan Google yang lain. Penggunaannya juga cukup mudah dan dapat disesuaikan untuk post, halaman, menu, widget dan lain-lain.

    Namun, sayangnya plugin ini tidak bisa digunakan secara gratis, kamu harus membayar biaya langganan untuk menggunakan fitur-fiturnya.
     

  3. Weglot

    Weglot adalah plugin translate WordPress yang bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Plugin ini juga dikenal ringan dan bisa menerjemahkan secara otomatis. Tidak hanya itu, plugin ini juga terintegrasi dengan penerjemah profesional apabila diperlukan.

    Weglot dapat menerjemahkan dan mengelola konten dari dashboard. Bahkan Weglot juga bisa digunakan untuk menerjemahkan WooCommerce. Itu lah kenapa plugin ini sudah digunakan lebih dari 50.000 bisnis untuk menerjemahkan halaman web.
     

  4. Polylang

    Plugin translate WordPress berikutnya ada Polylang. Jika kamu mencari plugin yang mudah diinstall dan diintegrasikan, maka Polylang menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Polylang bisa ditambahkan dengan mudah pada setiap postingan, widget, halaman, landing page dan lain sebagainya.

    Kelebihan Polylang juga mampu membuat URL SEO friendly bagi setiap bahasa yang dipilih. Kamu hanya perlu membuat konten pada halaman, kemudian tinggal klik bahasa yang ingin diterjemahkan. Last but not least, sama seperti plugin sebelumnya, Polylang juga bisa diintegrasikan untuk woocommerce atau web-commerce.
     

  5. Translate Press

    Translate Press adalah salah satu plugin translate WordPress SEO yang juga sudah banyak digunakan. Saat ini Translate Press sudah memiliki 100.000 pengguna aktif dan sudah cukup populer di kalangan pengembangnya.

    Plugin ini memiliki kelebihan diantaranya, bisa menampilkan terjemahan secara real time, dilengkapi dengan metode manual dan otomatis, memiliki metadata dengan paket SEO friendly, dan bisa menambahkan code pendek dan gettext yang dinamis.
     

  6. WordPress Multilingual Plugin

    WPML adalah salah satu plugin populer dalam kategori penerjemahan multibahasa untuk situs WordPress. Plugin ini menawarkan solusi yang lengkap untuk membuat situs multibahasa dengan mudah.

    Jika menggunakan plugin ini, kamu dapat menerjemahkan tidak hanya konten halaman dan posting, tetapi juga menu, widget, kategori, tag, dan bahkan halaman kustom. WPML menyediakan interface pengguna yang ramah pengguna dan dukungan yang luas untuk tema dan plugin WordPress populer lainnya.
     

  7. Lingotek Translation

    Lingotek Translation memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan dengan platform terjemahan Lingotek. Plugin ini juga memungkinkan pengguna untuk mengelola proyek terjemahan dengan mudah langsung dari dasbor WordPress. Dengan fitur ini, kamu dapat mengatur proyek terjemahan dengan lebih efisien dan mengakses sumber daya terjemahan profesional jika diperlukan.
     

  8. Transposh WordPress Translation

    Transposh WordPress Translation adalah plugin yang mengintegrasikan alat terjemahan dengan kemampuan pengeditan manual. Plugin ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki dan menyesuaikan terjemahan yang dihasilkan secara otomatis, sehingga memastikan akurasi dan keberterimaan terjemahan.
     

  9. GTranslate

    GTranslate adalah plugin terjemahan otomatis yang menggunakan layanan terjemahan dari Google Translate. Plugin ini secara otomatis menerjemahkan situs WordPress ke banyak bahasa dengan cepat. GTranslate juga menyediakan opsi untuk beralih antara bahasa secara dinamis, memungkinkan pengguna untuk memilih bahasa yang diinginkan dengan mudah.
     

  10. Babble

    Rekomendasi plugin translate WordPress terakhir adalah Babble. Plugin ini dirancang untuk menyesuaikan dan kompatibel dengan fungsi inti WordPress, dan memungkinkan pengguna untuk bisa menerjemahkan halaman dalam bahasa apapun sesuai keinginan.

    Saat ini Babble  sudah memiliki komunitas open-source yang cukup aktif, hingga fitur plugin ini pun dapat di-upgrade dan terus bekembang. Agar kamu lebih yakin menggunakan plugin ini, menurut pengembang resminya, kinerja generating page Babble diklaim lebih cepat dibandingkan plugin berbayar lainnya. 

 

Bikin Website WordPress Berkualitas!

Itulah rekomendasi plugin translate WordPress terbaik sebagai pilihan untuk bisa diintegrasikan di website-mu. Nah, sebelum memilih plugin, ada baiknya untuk memastikan hosting WordPress-mu stabil dan lebih cepat.  

 

Baca juga: 10 Plugin WordPress SEO Terbaik untuk Tingkatkan Rangking Website

 

Kamu bisa menggunakan Wordpress Hosting Indonesia yang terjangkau dengan kualitas memukau seperti NEO WordPress. Layanan WordPress hosting instan ini mampu memberikan performa tinggi, stabil, aman, dan siap tampung hingga 2 juta pengunjung website bulanan.

 

Dibangun diatas cluster Kubernetes, NEO WordPress menyediakan WordPress siap pakai dalam waktu kurang dari 60 detik tanpa repot atur dan kelola hosting. Jadi layanan ini sangat cocok digunakan bahkan oleh pemula.

 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan AI Web Builder gratis yang dilengkapi ribuan template gratis serta fitur Generative AI yang bisa generate konten dengan lebih cepat. Hanya dengan 50 RIBU rupiah kamu sudah bisa mewujudkan website-mu sendiri! 

 

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.