news image
news 21 November 2022

Seperti yang kita tahu, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu komponen penting dalam perkembangan sebuah website. SEO berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan website untuk terjangkau oleh mesin pencari khususnya Google. Dengan memiliki optimasi yang tepat maka sangat memungkinkan bagi website untuk muncul pada hasil paling atas pada mesin mencari. Jika seandainya website bisa muncul pada pencarian pertama Google atau minimal pada halaman pertama pencarian maka tentu saja kemungkinan meningkatnya traffic website semakin tinggi. 


Sebenarnya hingga saat ini sistem algoritma SEO masih menjadi misteri tersendiri karena hingga saat ini tidak ada panduan yang tepat mengenai algoritma SEO, bisa saja pada suatu minggu website mendapatkan highlight dari Google dan bisa saja terkena penalti di minggu berikutnya. 


Walaupun demikian untuk setidaknya menghindari blunder yang bisa mempengaruhi SEO website, kamu melakukan SEO Audit untuk memastikan setiap elemen pada website sudah teroptimasi secara SEO dan menyebabkan konten atau laman pada website bisa muncul di laman pencarian Google. 


Apa itu SEO Audit 

SEO Audit adalah salah satu kegiatan untuk menguji dan memeriksa performa serta elemen-elemen pada website untuk memastikan kualitas website di sisi mesin pencari. Sesuai kata pembentuknya yaitu audit, SEO Audit berfungsi untuk mengevaluasi website mengenai aspek yang berhubungan dengan mesin pencari. 


Dalam dunia digital marketing, SEO merupakan aspek fundamental yang berguna untuk meningkatkan visibilitas website pada pencarian Google, visibilitas ini menjadi penting karena nantinya juga akan meningkatkan konversi trafik organik menjadi lebih tinggi. 


Menjalankan SEO Audit adalah bagian penting untuk menjaga strategi SEO selalu diperbarui, teratur melakukan SEO Audit juga nantinya akan meningkatkan traffic website dari waktu ke waktu. Website yang sukses tentunya adalah website yang mudah diakses oleh pengguna sekaligus mudah ditemukan oleh mesin pencari. SEO Audit yang baik juga akan membantu Anda mengidentifikasi tren yang berbeda untuk membantu Anda mempertahankan tingkat lalu lintas situs web yang tinggi. 


Kenapa kamu harus melakukan SEO Audit 

Dengan melakukan SEO Audit, kamu akan mengetahui masalah apa saja pada halaman website sehingga nantinya kamu bisa menemukan langkah yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut. Ayo baca lebih jauh kenapa kamu harus melakukan SEO Audit. 

  1. Meningkatkan kecepatan dan keamanan Website

    Salah satu yang kriteria website yang SEO friendly adalah website yang mampu diakses dengan cepat, aman, dan memiliki user-experience yang bagus. Dengan memiliki beberapa kriteria tersebut website akan jauh lebih cepat untuk mendapatkan Search Engine Page Result (SERP) yang bagus. 

    Namun dengan meningkatnya konten pada website serta perubahan yang terjadi pada website lama kelamaan website akan mengalami penurunan performa. Website cenderung menjadi berat seiring waktu, dan masalah keamanan secara bertahap akan menumpuk tanpa disadari. Melakukan audit SEO secara teratur akan membantu pemilik website untuk mengidentifikasi kelemahan yang timbul di website dan melakukan perbaikan. 




  2. Mengikuti tren SEO

    Mesin pencari khususnya Google rutin untuk terus memperbarui algoritma untuk memberikan hasil penelusuran yang lebih baik, dan sebagai pemilik website, kita juga seharusnya mengetahui perubahan ini sehingga agar sesegera mungkin dapat menyesuaikan konten situs web dengan tepat. Apalagi dengan semakin beragamnya fitur mesin pencari tentu saja hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan visibilitas.

    Strategi SEO yang bagus juga bisa berganti seiring waktu, karena itu selalu perbarui konten dan selalu sesuaikan target keyword yang diinginkan. Tentu saja biasanya kebanyakan pengguna akan menargetkan keyword-keyword dengan search volume yang tinggi. Namun keyword yang kurang bersaing dan long-tail juga bisa menjadi jawaban jika seandainya konten yang dibuat kurang bersaing di mesin pencari. 

    Saat melakukan SEO Audit, kamu bisa sekaligus melihat performa dari keyword-keyword yang ditargetkan. Kemudian kamu bisa memperbaiki keyword pada konten yang kurang bersaing sebagai salah satu audit yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO website



  3. Meningkatkan Backlink 

    Backlink bisa dibilang sinyal paling penting untuk setiap mesin pencari. Backlink sendiri merupakan hyperlink yang masuk dari satu halaman web ke situs web lain. Setiap backlink akan dilihat sebagai bentuk dukungan terhadap sebuah konten, sehingga volume dan otoritas backlink juga dapat mempengaruhi visibilitas dan peringkat SERP website secara cepat. 

    Saat ini algoritma mesin pencari lebih pintar. Algoritma akan memberikan penalti kepada website yang menggunakan metode curang untuk mendapatkan backlink, misalkan pada kasus membeli backlink. Melalui audit SEO, Kamu dapat meninjau sumber tidak hanya backlink pribadi sekaligus strategi backlink yang diterapkan oleh kompetitor. Audit juga akan menyoroti backlink yang kurang berkualitas yang berasal dari link farm atau direktori spam yang akan merusak peringkat dan reputasi website, jadi dengan Audit anda bisa menghapus kembali backlink yang tidak berkualitas tersebut. 

Cara untuk melakukan SEO Audit 

Setelah mengetahui pentingnya melakukan SEO Audit kamu bisa melakukannya dengan menggunakan beberapa tool. Berikut ini adalah cara melakukan SEO Audit pada website WordPress. 

  1. Pastikan website terlihat oleh mesin pencari

    Pada WordPress terdapat sebuah menu yang berfungsi untuk menonaktifkan crawler oleh mesin pencari. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, mesin pencari tidak akan bisa ditemukan melalui mesin pencari apapun. Untuk itu pastikan sebelumnya opsi ini sudah dinonaktifkan. Untuk menonaktifkannya kamu bisa menuju ke WP Admin, kemudian Reading, kemudian pada menu paling bawah kamu bisa menonaktifkan opsi pada Search Engine Visibility


    Untuk mengetahui halaman mana saja yang sudah terindeks oleh Google kamu juga bisa juga mencarinya melalui keyword site:namawebsite.com. Contohnya jika kamu ingin melihat website Biznet Gio yang telah terindeks kamu bisa mencari site:https://www.biznetgio.com/ di pencarian Google.

  2. Pastikan website sudah memiliki sertifikat SSL

    Selanjutnya pastikan website sudah memiliki sertifikat SSL yang berarti website lebih aman karena setiap data akan dienkripsi end-to-end. Cara untuk mengetahui apakah website sudah memiliki sertifikat SSL adalah dengan melihat pada url pencarian, atau melihat keterangan di sebelah kolom URL browser. Atau untuk lebih jelasnya seperti pada gambar di bawah ini. 



    Baca juga: Cara Install SSL Certificate Padai NEO Web Hosting 

    Selain untuk keamanan, website yang sudah HTTPS juga akan lebih kredibel di mata mesin pencari. Untuk bisa memiliki sertifikat SSL ini pada website kamu sudah bisa mendapatkannya gratis dengan memiliki layanan hosting dari Biznet Gio seperti NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, dan NEO WordPress. Khusus untuk NEO WordPress sertifikat SSL sudah otomatis aktif ketika membeli layanan, sedangkan untuk NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting bisa diaktifkan melalui artikel dibawah ini. 

    Baca juga: Cara Install SSL Certificate Pada NEO Dedicated Hosting 

  3. Mengaktifkan XML Sitemap

    XML Sitemap merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk membantu mesin pencari untuk lebih mudah untuk menemukan dan mengindekskan website. Ini juga memungkinkan pemilik website untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman terpenting di website mereka. 

    Walaupun XML Sitemap secara langsung meningkatkan performa SEO pada website, tapi menerapkan XML Sitemap bisa membantu website untuk lebih mudah di crawl oleh mesin pencari. Untuk bisa menggunakan Sitemap kamu bisa menggunakan beberapa plugin gratis pada WordPress seperti YoastSEO atau AIOSEO


  4. Melakukan pengecekan link yang error 

    Halaman website yang rusak atau error biasanya akan memunculkan laman 404 karena halaman yang diinginkan tidak ditemukan. Halaman yang hilang ini biasanya terjadi jika website baru dipindahkan ke domain yang baru, terhapus, atau dipindahkan ke lokasi yang baru. 

    Memiliki website yang memiliki banyak link error 404 akan berdampak buruk ke performa SEO website, dampak bukan hanya ke ranking website ataupun pada sisi user experience. Jadi dengan melakukan SEO Audit kamu bisa memperbaiki URL yang rusak tersebut 

    Untuk bisa mengetahui link yang error kamu bisa menggunakan platform Google Analytics, untuk bisa mendapatkan Google Analytics yang terintegrasi dengan WordPress kamu bisa menggunakan plugin tambahan yaitu Monster Insights.

    Setelah mengetahui URL yang rusak, kamu bisa menggunakan YoastSEO Redirect Manager untuk me-redirect halaman yang rusak tersebut ke halaman lainnya untuk menghindari error 404. 


  5. Memperbaiki konten 

    Selain hal-hal teknis seperti diatas SEO Audit juga bisa dilakukan dengan melakukan update terhadap konten-konten yang sudah, melakukan regenerasi konten jika, serta melakukan optimisasi. Melihat konten-konten yang sudah dibuat sebelumnya, memperbarui keyword, memberi heading 1, 2, dan,3, hingga meng-update meta tag. 

    Dengan melakukan Audit, kamu juga bisa sekaligus menganalisis konten pada website, dan kemudian ketika kamu telah menemukan pattern yang tepat untuk membuat kontennya, kamu bisa membuat konten yang lebih baik dan lebih teroptimasi secara SEO. 

    Untuk melakukan perbaikan konten kamu juga bisa menggunakan plugin SEO seperti YoastSEO, RankMath, atau AIOSEO yang bisa memberikan guideline untuk memberikan panduan penulisan konten yang baik sekaligus memberikan rekomendasi terhadap SEO pada konten. 

    Selain itu dengan YoastSEO kamu juga bisa menambahkan Meta Tag yang akan bisa mempermudah mesin mencari untuk membaca konten pada halaman web tersebut. Tag yang paling penting adalah Meta Title dan Meta Description, contoh penggunaan Meta Tag pada konten adalah sebagai berikut jika ditemukan oleh mesin pencari. 

Contoh Meta Title dan Meta Description 

Tingkatkan peringkat website dengan SEO Audit 

Sekian artikel tentang pentingnya dan cara untuk melakukan SEO Audit. Dari beberapa panduan di atas, salah satu hal yang perlu digaris bawahi yaitu website yang teroptimasi secara SEO harus bisa diakses dengan cepat dan memiliki sertifikat SSL. Kedua kriteria itu sudah disediakan oleh layanan hosting dari Biznet Gio seperti NEO Dedicated Hosting, NEO Web Hosting, dan NEO WordPress yang dilengkapi dengan gratis SSL, bandwidth 10 Gbps tanpa kuota, dan berbagai fitur canggih lainnya. Selain itu seluruh layanan dari Biznet Gio dilengkapi service level agreement (SLA) hingga 99,9% dan sudah mengantongi sertifikasi manajemen mutu dan keamanan skala internasional seperti ISO 27001, ISO 9001, ISO 27701, ISO 27017, ISO 27018, PCI-DSS, dan AICPA SOC2. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website Biznet Gio atau hubungi kami via email ke sales@biznetgio.com.