news image
news 25 Maret 2024

Tips Bikin Landing Page Jualan Online Spesial Bulan Ramadhan

 

Bulan ramadhan tidak hanya dimanfaatkan untuk beribadah tetapi juga biasanya menjadi ladang bisnis bagi sebagian orang. Banyak yang memanfaatkan peluang bisnis contohnya, menjual baju lebaran, takjil, hampers dan lain sebagainya. Nah, untuk memasarkannya pun bermacam-macam, namun saat ini pemasaran secara online tengah menjadi trend.

 

Jika kamu juga tertarik untuk memasarkan secara online, landing page adalah sesuatu yang wajib kamu coba. Hal ini karena, bisnis yang menggunakan pemasaran online bisa berpotensi mendapatkan leads hingga 55%.

 

Lalu, apa itu landing page, kelebihan dan bagaimana membuat landing page? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

 

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website yang dibuat dan didesain khusus untuk audiens setelah melakukan klik pada iklan digital dari Google Ads, media sosial maupun email. Jadi, halaman ini memang khusus ditampilkan untuk pengunjung mengakses website dari hasil pencarian yang berbayar atau iklan.

 

Lebih lanjut, kamu bisa bisa membaca artikel berikut ini:

 

Baca juga: Apa Itu Landing Page? Pengertian, Manfaat dan Tips Membuat Landing Page

Fungsi Landing Page

Fungsi landing page tidak hanya untuk mengarahkan pembeli untuk melakukan tindakan selanjutnya, lebih dari itu berikut fungsi landing page lainnya yang perlu kamu ketahui:

 

  1. Media Promosi Produk atau Jasa

    Fungsi pertama landing page adalah menjadi media promosi dari produk atau jasa yang ditawarkan. Di landing page bisa ditambahkan informasi mengenai produk atau jasa secara detail, mulai dari deskripsi, gambar dan harganya.

    Pemilik bisnis juga perlu memastikan landing page telah memuat info yang kiranya dibutuhkan oleh pelanggan. Supaya promosi dapat berjalan lebih efisien.
     

  2. Meningkatkan Penjualan

    Fungsi berikutnya, landing page juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan atau konversi. Jika kamu memiliki landing page yang khusus mendetailkan produk atau jasa bisnis maka kamu sudah memberikan nilai tambah pada produk tersebut.

    Tentunya pelanggan akan tertarik untuk melakukan tindakan berikutnya yaitu, konversi atau melakukan pembelian produk.
     

  3. Meningkatkan Reputasi Brand

    Jika bisnis memiliki halaman landing page yang dirancang dengan baik, rapi dan menarik, maka hal tersebut akan meningkatkan reputasi brand dan menunjukkan bahwa brand bisnis yang dimiliki sangat berharga.

    Landing page juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan kesadaran brand (brand recognition) sekaligus meningkatkan leads maupun conversion.

 

Kelebihan Landing Page

Setelah mengetahui fungsi landing page, berikut beberapa kelebihan fungsi landing page yang bisa dijadikan pertimbangan.

 

  1. Mudah Dipahami

    Kelebihan landing page yang pertama adalah mudah dipahami. Pasalnya, biasanya landing page hanya terdiri dari satu halaman dan hanya membahas satu produk atau jasa saja.  Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan info lebih detail terkait dengan produk atau jasa yang akan digunakan.
     

  2. Promosi Lebih Efisien

    Dengan landing page, promosi akan jadi lebih mudah. Kamu bebas melakukan promosi dengan lebih efisien, karena dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
     

  3. Target Tepat Sasaran

    Landing page bisa ditambahkan untuk tujuan CTA iklan berbayar, dan pada iklan berbayar kamu bisa menargetkan audiens atau calon pelanggan yang cocok dengan target produk atau jasa milikmu. Itu sebabnya, landing page bisa menargetkan audiens yang tepat sasaran.

    Selain itu, jika tidak dengan landing page, pengunjung mungkin akan kurang fokus dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, karena adanya banyak pilihan seperti, link, url, postingan lain.
     

  4. Mudah Mendapatkan Data Pengunjung

    Kelebihan lainnya, landing page juga dapat mengumpulkan data pengunjung yang bisa kamu prospek atau re-targeting untuk iklan berbayar berikutnya. Data pengunjung bisa berupa, pengunjung yang klik iklan, sudah mengakses landing page, maupun pengunjung yang sudah melakukan pembelian atau pendaftaran.
     

  5. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

    Dengan landing page kamu bisa menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebab, di landing page kamu bisa menambahkan data produk atau jasa sedetail dan semenarik mungkin, dan juga bisa menambahkan kata-kata persuasif dan kalimat ajakan yang bisa meyakinkan calon konsumen.
     

  6. Iklan Berbayar Lebih Efisien

    Melakukan iklan berbayar tentunya membutuhkan CTA dan mengarahkan audiens ke landing page. Jika kamu menawarkan produk atau jasa, maka kamu bisa mengarahkan audiens untuk mengakses halaman landing page untuk mendapatkan informasi, penjelasan hingga melakukan transaksi. 

 

Tips Bikin Landing Page

Nah, jika kamu tertarik untuk menawarkan produk selama ramadhan, kamu bisa mengikuti tips-tips membuat landing page berikut:  

 

  1. Menggunakan Headline yang Menarik

    Tips pertama untuk membuat landing page, pastikan menggunakan headline yang menarik. Selain menarik, buat headline yang singkat, padat, jelas dan menggambarkan landing page yang ingin kamu tunjukkan kepada audiens.
     

  2. Menggunakan Gambar atau Video

    Sertakan gambar atau video yang relevan dan menarik untuk membantu pengunjung memahami produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan. Pastikan juga media gambar atau video tersebut memperkuat pesan produk pada landing page.
     

  3. Deskripsi Produk Singkat dan Jelas

    Jelaskan manfaat produk secara singkat dan jelas, misalnya jika kamu sedang menawarkan baju lebaran, kamu bisa menambahkan deskripsi produk mulai dari, warna, ukuran, jenis bahan, dan lain sebagainya. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan fokus pada solusi yang kamu tawarkan kepada pengunjung.
     

  4. Menambahkan CTA

    Gunakan panggilan tindakan call to action (CTA) yang kuat dan langsung. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan kata-kata seperti "Beli Sekarang", "Coba Gratis", atau "Daftar Sekarang" untuk mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan.
     

  5. Desain yang Menarik dan Responsif

    Buat desain yang menarik dan konsisten dengan brand yang kamu miliki. Pastikan desain tersebut responsif agar tampilan tetap optimal di berbagai perangkat, kamu bisa coba memastikan bahwa landing page cukup responsif diakses melalui ponsel atau mobile friendly.
     

  6. Menambahkan Testimoni

    Tips terakhir, tambahkan testimoni atau ulasan pelanggan yang pernah membeli produkmu. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan pengunjung tentang kualitas produk yang sedang kamu jual.  

 

Lalu, kenapa menggunakan landing page penting dan bermanfaat untuk bisnis? Sebab, landing page dapat digunakan menjadi media promosi yang cukup efisien untuk meningkatkan trafik, leads, dan juga marketing channels.  

 

Buat kamu yang sedang tertarik menggunakan landing page untuk jualan selama ramadhan, kamu bisa memulainya dengan membangun website-mu sendiri. Percayakan pada NEO WordPress, WordPress hosting terbaik yang dilengkapi dengan web builder gratis dan generative AI untuk pembuatan kontenmu lebih menarik dan dapat digunakan dengan cepat.  

 

Membuat landing page juga semakin nyaman dengan NEO WordPress, sebab layanan ini sudah dilengkapi dengan beberapa benefit sebagai berikut:  

 

  1. Website yang stabil dan siap tampung meskipun trafik sedang meningkat.  
  2. Tidak perlu repot untuk mengatur hosting dan server karena sudah diatur secara otomatis. 
  3. Minimum downtime dengan teknologi kubernetes, jadi lebih stabil, cepat dan aman.  
  4. Dilengkapi dengan AI web builder jadi kamu bisa generate content dengan mudah dan cepat. 
  5. Website assistant yang siap membantu menyelesaikan berbagai tugas.  

 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com