5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website

Untuk menjangkau audiens dan pelanggan potensial lebih masif salah satu caranya adalah dengan hadir secara online, dalam hal ini termasuk memiliki sebuah website. Sebuah bisnis dapat memperluas cakupan pasarnya dalam skala global melalui sebuah website di persaingan saat ini, maka dari itu penting untuk mengetahui beberapa hal dalam pembangunan sebuah website.

1. Menentukan nama domain

Nama domain menjadi identifikasi tujuan dan maksud dari keberadaannya. Nama domain yang jelas dan terlihat profesional menjadi ukuran legitimasi yang bisa meyakinkan pengunjung untuk melakukan interaksi lebih jauh di sebuah website.

Berikan impresi dengan jelas dan singkat agar lebih mudah diingat oleh para pengunjung setia Anda. Penamaan domain direkomendasikan seperti nama organisasi/pemilik/bisnis atau hal-hal terkait konten yang dimuat.

Anda juga bisa melihat lebih jauh tentang domain pada tautan blog kami berikut ini.

2. Tampilan yang menawan

Desain menjadi hal mendasar yang paling penting karena tampilan website yang memukau pengunjung mampu memberikan waktu lebih lama bagi mereka untuk menjelajahi konten lebih jauh. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendesain website yang menawan, bahkan tidak semua orang bisa membangun website sendiri.

Maka dari itu faktor UI (User Interface) dan UX (User Experience) menjadi kian penting sebagai wajah dari sebuah website secara utuh.

3. Mengembangkan konten

Seperti yang kita ketahui, sebuah website yang dibangun memiliki fungsi yang beragam dan dapat berupa profil perusahaan, portofolio, katalog barang dagangan, atau apapun. Menciptakan konten adalah hal wajib berikutnya untuk mengamplifikasi maksud dan tujuan dari website itu sendiri.

Jika website Anda adalah sebuah profil perusahaan misalnya, membuat konten tentang "About us", visi dan misi perusahaan, informasi/berita terkini terkait perusahaan secara berkala, dan lainnya, merupakan cara terbaik mengembangkan konten yang mendekatkan perusahaan pada pelanggannya.

4. Tambahkan visualisasi

Maniskan tampilan website dan konten dengan visualisasi yang memberikan kesan profesional dan mendukung imajinasi para pengunjung website. Lebih baik lagi, pastikan kualitas gambar memiliki resolusi tinggi sehingga hasilnya pun akan maksimal.

5. Bagikan ke media sosial

Jika semua komponen sebuah website sudah rapi dan berjalan sebagaimana diinginkan, langkah pamungkasnya ialah dengan membagikannya ke kanal-kanal media sosial. Biarkan seluruh dunia tahu dan mengakses website buatan Anda sendiri. Pasang script atau widget untuk memberikan kemudahan bagi para pengunjung website membagikan halaman-halaman website Anda.


NEO Web Space

Beruntungnya kini layanan NEO Web Space dari Biznet Gio mampu menawarkan layanan untuk membangun website dengan praktis untuk Anda tanpa pengetahuan teknis. Tantangan untuk memenuhi hal-hal yang disebutkan di atas menjadi lebih mudah bagi Anda.

Fitur NEO Web Space memiliki banyak template website gratis yang bisa dimanfaatkan bagi para pengguna sesuai dengan preferensi dan fungsinya. Lebih detail tentang NEO Web Space, silakan menuju artikel di sini.

Di NEO Web Space, Anda bisa mengunggah foto/image berkualitas tinggi hingga 10Mb per file. Dengan begitu mengizinkan pengguna NEO Web Space keleluasaan untuk berkreasi sedemikian rupa untuk membangun website sesuai keinginan.

Bersama NEO Web Space setiap orang kini bisa membangun website dengan praktis dan cepat.