Manajemen Backup dengan Mudah di GIO Private

Memiliki Disaster Recovery Plan (DRP) merupakan sebuah kewajiban bagi entitas bisnis agar ketersediaan layanannya terus terjaga, terutama dari bencana alam dan kegagalan sistem yang tidak dapat diprediksi kehadirannya. DRP merupakan bagian yang melengkapi rencana keberlangsungan bisnis (Business Continuity), rencana ini ada di tingkat infrastruktur TI yang sangat erat kaitannya dengan pendekatan teknis.

Ada serangkaian hal yang perlu dilakukan untuk menjalankan sebuah DRP, dari perencanaan hingga eksekusi. Salah satu prosesnya, sekaligus yang sangat memungkinkan dijalankan secara mandiri oleh para pengguna, ialah backup dan recovery. Proses tersebut bisa saja sederhana, tetapi juga bisa menjadi rumit ketika frekuensi aktivitasnya sangat sering dan tidak memiliki SDM yang mumpuni.

Dalam praktik tersebut, para pengguna GIO Private misalnya, mengantisipasi hal ini dengan melakukan backup dan recovery secara berkala sebagai salah satu langkah mitigasi bencana. GIO Private sendiri merupakan layanan Private Cloud yang memberikan akses vCenter VMware kepada pelanggan dengan fitur-fitur yang andal dan keleluasaan dedicated resource dan performance.

GIO Private memiliki fitur multi-region yang berlokasi di Indonesia, sehingga layanan yang sifatnya critical dapat didesain untuk memiliki high availability atau failover yang menjaga sistem terus tersedia selama 24/7. Untuk menjalankan DRP, pelanggan dapat menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan GIO Private seperti: Veeam, Acronis, Commvault, dan lain sejenisnya.

Pada Veeam contohnya, layanan yang merupakan produk dari VMware kompatibel dengan GIO Private yang juga sudah terintegrasi dengan VMware. Ada tiga fitur utama dalam layanan Veeam Backup & Replication yakni: backup, recovery, dan replikasi. Ketiga fiturnya dapat dikelola dengan cepat dan fleksibel, dan mudah dalam satu konsol.

Berikut ilustrasi replikasi, backup, dan recovery di GIO Private menggunakan Veeam:


Dalam beberapa studi kasus, pengguna tidak bisa melakukan backup harian karena memiliki jumlah VM yang begitu banyak untuk dikelola. Veeam Backup & Replication mampu menjadi solusi yang menjawab kesulitan tersebut, terlebih lagi bantuan pun bisa datang kapan saja dari tim internal Biznet Gio yang siap sedia membantu pelanggan.

Proses backup dan restore bukan lagi menjadi ancaman yang harus dicemaskan oleh para pelaku bisnis. Mengandalkan ketangguhan arsitektur GIO Private dan kemudahan yang ditawarkan Veeam, aktivitas ini menjadi kian mudah untuk dilakukan, menjalankan DRP pun tidak lagi membebani kegiatan sehari-hari.

Untuk mengetahui tentang GIO Private lebih lanjut, silakan menuju ke tautan berikut ini, atau hubungi tim sales@biznetgio.com untuk diskusi tentang solusi yang tepat untuk pengelolaan layanan dan sistem Anda secara terencana.