news image
news 8 November 2023

Manfaat Melakukan Backup Data untuk Menunjang Keberlangsungan Bisnis

Kehilangan maupun kerusakan data yang terjadi dapat memberikan masalah yang dapat memberikan kerugian signifikan pada bisnis. Salah satu cara untuk mengamankan data adalah dengan rutin melakukan backup data.

 

Dengan melakukan backup, jika terjadi kehilangan atau kerusakan baik disebabkan oleh gangguan sistem, pencurian, maupun bencana alam, data tetap aman dan dapat dipulihkan kembali sewaktu-waktu.

 

Agar lebih paham tentang backup data dan manfaatnya, tulisan ini akan membahas secara tuntas lengkap dengan cara menyimpannya.

 

Apa Itu Backup Data

Backup data adalah proses menyimpan sekaligus menyalin data penting baik sebagian atau keseluruhan supaya bisa dipulihkan kembali ketika terjadi error, kerusakan, atau kehilangan data utama.

 

Dalam dunia bisnis manfaat backup data menjadi hal terpenting karena semua data pekerjaan bisa dicadangkan secara aman. Baik bisnis besar atau kecil backup data tetap penting untuk menjaga keamanan semua hal terkait pekerjaan dan bisnis.

 

Dengan data yang baik dan aman, semua kinerja dari awal hingga terbaru dapat tersimpan secara aman. Arti back up dalam pekerjaan secara khusus menjadi tonggak bisnis agar lebih berkembang guna menganalisa strategi bisnis berkelanjutan.

 

Manfaat Backup Data untuk Menunjang Keberlangsungan Bisnis

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat backup data untuk mendukung bisnis lebih optimal.

 

  1. Memulihkan Data

    Gangguan sistem kadang tak mampu dihindari karena banyak faktor penyebab. Contoh pemadaman listrik dalam jangka waktu lama, kegagalan perangkat keras hingga bencana alam.

    Semuanya dapat mengakibatkan kerusakan hardware dan mengganggu data yang ada. Akibatnya bisa jadi fatal dimana data hilang ataupun rusak. Dengan melakukan backup data secara rutin akan mempermudah pemilik untuk mengembalikan atau memulihkan data seperti sedia kala. Integritas data akan kembali aman dan semua gangguan teratasi dengan baik.

     

  2. Melindungi dari Serangan Siber

    Jika seandainya terdapat serangan siber seperti virus, malware, maupun human error, dapat diatasi jika seandainya memiliki rencana backup yang mumpuni. Sehingga masalah tersebut dapat diatasi dengan mengembalikan kondisi sistem, aplikasi, maupun website ke kondisi sebelum serangan.

     

  3. Meningkatkan Ketersediaan Layanan

    Dengan rutin melakukan backup akan meningkatkan ketersediaan layanan kamu, baik itu sistem, aplikasi, maupun website yang dapat selalu bisa diakses. Dengan demikian akan meningkatkan waktu engagement pelanggan yang tidak akan kehilangan akses ke website maupun aplikasi bisnismu.

     

  4. Mencegah Kerugian

    Dengan adanya downtime, ketika sistem mengalami kegagalan yang disebabkan baik oleh kesalahan manusia, bencana alam, maupun yang lainnya, maka secara langsung akan memberikan kerugian. Dengan adanya downtime, transaksi tidak dapat diproses dan pelanggan tidak bisa melakukan apa pun. Ini akan berdampak kepada penurunan konversi yang mungkin terjadi. 

    Dengan melakukan backup secara rutin dan tersistem dengan baik, dapat meminimalisir risiko downtime dan meningkatkan ketersediaan layanan. Ini akan membuat layanan selalu bisa diakses sehingga konversi menjadi lebih lancar.

     

  5. Menjaga Reputasi Bisnis

    Setiap bisnis tentu memiliki data informasi pelanggan baik itu berupa nama, kontak, hingga informasi rekening pelanggan. Selain itu informasi tentang produk, transaksi keuangan dan data lain yang tak kalah pentingnya. Semua data bisa saja lenyap karena berbagai faktor. Maka melakukan backup rutin adalah salah satu rencana terbaik untuk menanggulangi risiko.

    Hal ini juga akan meningkatkan reputasi bisnis di mata pelanggan. Selain itu, akan menyebabkan bisnis memiliki nama baik di depan publik karena memiliki layanan yang selalu bisa diakses dan jarang gangguan.

     

  6. Mematuhi Syarat Hukum

    Salah satu kegunaan backup data adalah untuk memenuhi persyaratan hukum. Beberapa jenis bisnis memiliki beberapa persyaratan hukum yang harus dipenuhi agar bisnis dapat diizinkan beroperasi secara legal. Salah satunya terkait keamanan data dan salah satu cara untuk membuat data lebih aman adalah dengan melakukan backup data.

    Manfaat backup data adalah jika ada data rusak atau hilang, data terkait persyaratan bidang bisnis masih aman. Hal ini biasanya digunakan untuk lini bisnis beresiko seperti finansial, perbankan, kesehatan, dan pemerintahan.

     

  7. Pemulihan Bisnis Lebih Cepat Saat Terjadi Bencana

    Bencana dapat terjadi kapan pun tanpa dapat diduga sama sekali seperti banjir, gempa bumi, kebakaran dan yang lainnya. Data fisik bisnis yang tersimpan di tempat kerja dapat rusak bahkan hilang. Untuk itulah backup bermanfaat untuk penyimpanan salinan dengan aman.

    Pada umumnya data yang disimpan melalui cloud akan lebih fleksibel dan praktis. Dengan begitu meskipun terjadi bencana, bisnis tetap dapat dikendalikan dan pulih lebih cepat. Apalagi dengan penerapan backup secara redundan di beberapa lokasi yang akan meningkatkan keamanan dan ketersediaan.

 

Cara Melakukan Backup Data

Backup dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti menyimpan data backup pada perangkat lain seperti external hard driveflash disk, maupun sistem on-premise lainnya. Ini dapat menjadi bottleneck jika memiliki data dengan kapasitas besar yang mana akan menyebabkan biaya ekstra untuk mencadangkan semua data.

 

Untuk ini bisnis bisa mengakalinya dengan menggunakan solusi backup yang lebih baik. Seperti menggunakan layanan cloud untuk menyimpan data secara efisien dengan biaya terukur, lebih fleksibel, dan lebih aman.

 

Salah satu kriteria layanan cloud yang baik adalah yang memiliki kemampuan sebagai disaster recovery (DR) dimana layanan cloud sudah siap bahkan jika ada gangguan di luar sistem, seperti bencana alam maupun pemadaman listrik. Ini berguna untuk memastikan layanan pada cloud selalu bisa diakses. Hal ini juga akan memastikan backup yang dimiliki tersimpan dengan aman.


Pilih Partner Backup yang Tepat

Berbagai manfaat backup data membuat data krusial seperti data keuangan, informasi pelanggan, dan sistem dapat tercadangkan dengan cara yang aman. Selain itu jika terjadi kerusakan atau kehilangan data bisnis telah ada salinan yang bisa cepat dipulihkan dan digunakan seperti keadaan semula.

 

Dengan memiliki partner backup yang tepat akan menyebabkan bisnis bisa terhindar dari risiko lainnya yang mungkin terjadi. Biznet Gio memiliki solusi lengkap untuk bisnis yang ingin melakukan transformasi digital dan salah satunya mencakup layanan backup.

 

Seperti misalnya GIO Backup, layanan backup premium dengan fitur enkripsi dan kompresi. Serta berbagai proteksi lengkap dan berkelanjutan yang memastikan keamanan data. Serta fleksibilitas untuk memilih data mana saja yang ingin di-backup.

 

Baca juga: Manajemen Backup dengan Mudah di GIO Private

 

Selain itu, bagi kamu yang membutuhkan proteksi tambahan, Biznet Gio memiliki layanan Disaster Recovery as a Service (DRaaS) yang akan merancang disaster recovery plan (DRP) untuk layanan kamu secara menyeluruh. Seperti backup sistem komprehensif dengan rancangan infrastruktur redundan pada beberapa data center untuk memastikan ketersediaan tinggi.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan backup dari Biznet Gio, kamu bisa menghubungi kami melalui fitur live chat maupun email ke sales@biznetgio.com